Begini cara memaafkan diri sendiri agar tak lagi menyalahkan dan menghakimi diri

- Senin, 4 Juli 2022 | 17:28 WIB
Ilustrasi cara memaafkan diri sendiri agar bisa berdamai dengan masa lalu. (Pexels/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi cara memaafkan diri sendiri agar bisa berdamai dengan masa lalu. (Pexels/Andrea Piacquadio)

Hops.ID – Mungkin memang benar jika memaafkan diri sendiri itu jauh lebih sulit dibanding memaafkan kesalahan orang lain, karena sejak kecil sudah diajarkan untuk mendahulukan orang lain di atas diri kita sendiri.

Padahal saat kamu memaafkan diri sendiri, itu menandakan bahwa dirimu sedang berusaha untuk berdamai dengan masa lalu dan tidak lagi menyalahkan dirimu sendiri atas kesalahan yang sudah pernah terjadi dan tidak bisa diulang, melainkan hanya bisa diperbaiki agar tak terulang di kemudian hari.

Kejadian tidak menyenangkan yang pernah terjadi di masa lalu mungkin saja yang menjadi salah satu penyebab kamu enggan memaafkan diri sendiri, karena ternyata masih ada banyak luka batin yang belum benar-benar pulih, bahkan bisa saja memunculkan dendam yang masih tersimpan rapih dalam diri hingga kini.

Selalu menyalahkan diri atas kesalahan, kegagalan, atau bahkan kekalahan yang pernah terjadi dan tanpa sadar membuatmu menjadi sulit untuk mencintai dirimu sendiri.

Baca Juga: Inilah 7 tanda kalau kamu sedang menjalani hubungan sepihak, yuk kenali sebelum berdampak buruk

Cara memaafkan diri sendiri

Dikutip Hops.ID dari laman Instagram Irma Gustiana A @ayankirma pada Senin, 4 Juli 2022, ada empat cara yang dapat kamu lakukan agar bisa memaafkan dirimu sendiri secara perlahan.

1. Luangkan waktu 30 menit sehari

Setiap pagi sebelum memulai aktivitas dan di malam hari sebelum tidur, cobalah luangkan waktumu untuk menuliskan semua hal kejadian tidak menyenangkan yang pernah terjadi di masa lalu, entah itu kesalahan, kegagalan, atau kekalahan yang sampai saat ini masih belum bisa kamu terima menjadi bagian dari hidupmu.

Halaman:

Editor: Wefni Azlen

Sumber: Instagram @ayankirma

Tags

Artikel Terkait

Terkini