Ayah Ayu Ting Ting terkena penyakit hernia atau turun berok, kenali gejalanya

- Senin, 4 Juli 2022 | 19:50 WIB
Ayu Ting Ting dan sang ayah, Abdul Rozak (Foto: Instagram @ayutingting92)
Ayu Ting Ting dan sang ayah, Abdul Rozak (Foto: Instagram @ayutingting92)

Hops.ID - Penyanyi dangdut ternama, Ayu Ting Ting mengumumkan bahwa sang ayah, Abdul Rozak alias Ayah Ojak diketahui baru saja menjalani operasi pada hari Minggu, 3 Juli 2022 karena menderita hernia.

"Jadi setelah kemarin Ayah operasi hari Kamis jam 5 sore. Pas Ayah operasi saya nggak nemenin karena dituntut bekerja," katanya dalam kanal YouTube Qiss You TV. 

Menurut Ayu, Ayah Ojak awalnya merencanakan akan melakukan operasi hernia sebelum umrah. Namun, hal itu dibatalkan karena takut mengganggu ibadah di Tanah Suci. 

Lagipula, Ayu mengungkapkan bahwa saat itu ukuran hernia di tubuh Ayah Ojak masih kecil. Lantas, apa sebenarnya hernia dan bagaimana gejalanya? Yuk, simak artikel berikut!

Baca Juga: Saipul Jamil nyanyikan selamat berpisah untuk Angga Wijaya dan Dewi Perssik, warganet: Lagi sedih malah diolok

Hernia dan gejalanya

Hernia atau turun berok merupakan kondisi keluarnya sebagian usus dari rongga perut hingga membentuk tonjolan yang bisa terlihat dan teraba dari luar. Secara umum hernia sering terjadi pada orang yang sudah lanjut usia karena dinding otot polos abdomen sudah lemah.  

Hernia paling sering terjadi di perut tapi juga bisa terjadi di paha atas, pusar, bahkan di daerah selangkangan. Hernia yang terjadi di perut diebut sebagai umbilikalis, dan yang terjadi di area selangkangan adalah hernia inguinalis. 

Kebanyakan kasus hernia tidak mengakibatkan kematian tapi penyakit ini tidak bisa sembuh dengan sendiri sehingga tetap harus dilakukan operasi untuk mencegahnya timbulnya komplikasi yang membahayakan.

Baca Juga: 4 Fakta anak tiri Elvis Presley yang jarang terekspos, lengkap dengan tanggal lahir, karir, dan akun Instagram

Halaman:

Editor: Nariyati

Sumber: Suara

Tags

Artikel Terkait

Terkini