6 Tips sederhana menghadapi trauma yang bisa kamu lakukan, mulai dari relaksasi hingga self care

- Kamis, 7 Juli 2022 | 15:06 WIB
Ilustrasi tips sederhana yang bisa coba kamu lakukan untuk menghadapi trauma. (Pexels/Karolina Grabowska)
Ilustrasi tips sederhana yang bisa coba kamu lakukan untuk menghadapi trauma. (Pexels/Karolina Grabowska)

Meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal menyenangkan secara rutin bisa membuat perasaanmu menjadi lebih baik.

Misalnya menonton film favorit, makan makanan kesukaan, mendengarkan podcast, atau bahkan hanya sekadar menghirup udara segar di setiap pagi dan sore hari.

Baca Juga: Belajar mengelola harapan dan rasa kecewa dengan lakukan 7 hal ini agar kamu lebih bahagia

Lakukan juga aktivitas spiritual dengan beribadah dan ceritakan segala keluh kesah yang selama ini kamu rasakan agar pikiran dan hatimu bisa lebih tenang, atau dengan berbagi cerita bersama orang terdekatmu.

6. Belajar lebih mindful pada indra

Ilustrasi belajar lebih mindful pada indra. (Pexels/Maggie Zhan)

Rasa sakit itu nyata dan apa yang pernah terjadi itu tidak akan membuatmu terus-menerus berdiam diri dan membiarkan semua perasaan itu mengendalikan dirimu sepenuhnya.

Katakan pada seluruh indramu, seperti mata, telinga dan yang lainnya kalau kamu sudah lebih kuat dan mampu menghadapi semuanya dengan lebih baik.

Cobalah duduk di rumput atau tanah di mawah matahari tanpa memakai alas kaki dan rasakan rumput menyentuh kulit kakimu, sinar matahari yang menghangatkan tubuhnya, serta tangan dan kakimu yang menyentuh tanah.

Itulah tips yang bisa coba kamu lakukan untuk menghadapi perasaan tidak nyaman yang selalu saja hadir tanpa aba-aba dan membuatmu menjadi kesulitan menjalani hidup dengan lebih bermakna.***

Halaman:

Editor: Ratih Nugraini

Sumber: Psychology Today

Tags

Artikel Terkait

Terkini