5 Hal ini bisa merusak mental anak, stop lakukan sebelum terlambat!

- Senin, 11 Juli 2022 | 12:11 WIB
Ilustrasi beberapa hal atau kebiasaan yang harus diperhatikan karena bisa merusak mental anak tanpa disadari. (Pexels/Kindel Media)
Ilustrasi beberapa hal atau kebiasaan yang harus diperhatikan karena bisa merusak mental anak tanpa disadari. (Pexels/Kindel Media)

Hops.ID – Memang tidak ada manusia yang sempurna, begitupun kamu sebagai orangtua yang pasti pernah melakukan kesalahan. Bahkan tanpa sadar ada banyak hal yang sampai saat ini masih sering dilakukan dan berakibat merusak mental anak secara perlahan.

Namun, bukan berarti kamu mewajarkan segala perilaku dan ucapanmu yang dianggap wajar dan sepele. Tetapi nyatanya bisa merusak mental anak secara perlahan jika terus-menerus dilakukan. Karena sebagai orangtua tentunya kamulah yang menjadi pelindungnya, bukan malah menjadi musuhnya.

Kalau kamu sudah menyadari beberapa hal yang dirimu lakukan selama ini sebagai orangtua adalah sebuah kesalahan yang akan merusak mental anak, cobalah untuk mengubahnya secara perlahan dan memperbaikinya dengan segera.

Jangan karena di lingkunganmu semua itu adalah hal wajar dan sering dilakukan, kamu menganggap bahwa dirimu berhak melakukan hal yang sama terhadap anak-anakmu. Karena semua hal itu justru akan meninggalkan luka batin dan menyebabkan trauma hingga anak beranjak dewasa nanti.

Baca Juga: Begini cara memaafkan diri sendiri agar tak lagi menyalahkan dan menghakimi diri

Hal yang bisa merusak mental anak

Dikutip Hops.ID dari laman Instagram Audrey Susanto @audreytsusanto pada Senin, 11 Juli 2022, ada lima kebiasaan yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan mentalnya jika terus-menerus dilakukan.

1. Membandingkan anak

“Tuh lihat deh anaknya tante B! Lah kamu bisanya cuma nangis doang!”

Halaman:

Editor: Cesaria Hapsari

Sumber: Instagram @audreytsusanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Penyebab rambut rontok, dari genetik sampai jamur

Senin, 28 November 2022 | 15:07 WIB