Anak sulit disapih? Simak sederet tips yang bisa kamu coba

- Kamis, 28 Juli 2022 | 13:29 WIB
Ilustrasi menyusui dan menyapih (Freepik)
Ilustrasi menyusui dan menyapih (Freepik)

Hops.ID - Menyapih anak di usia maksimal 2 tahun adalah hal yang wajib dilakukan. Di usia tersebut seorang anak sudah memiliki sistem pencernaan yang sempurna dan sudah siap bertumbuh kembang di fase toddler menuju fase kanak-kanak.

Di masa ini, anak sudah harus mulai melepaskan ketergantungan penuhnya pada sang ibu dan mulai belajar menjadi individu seutuhnya.

Namun, seringkali fase menyapih ini menjadi sebuah tantangan besar bagi ibu juga anak, sehingga menyebabkan terjadinya drama yang menghambat kesulitan proses menyapih.

Baca Juga: Denise Charieta skak Razman Nasution? Salam 2 menit ya, sok suci kelakuan ancur, makan tuh sarung bang

Dikutip dari laman NHS.uk pada 28 Juli 2022, ada beberapa tips agar proses menyapih bisa berjalan lancar tanpa drama. Apa saja tipsnya? Simak di sini, Hopers!

1. Lakukan secara bertahap

Drama proses menyapih terjadi karena perubahan keadaan mendadak yang dirasakan seorang anak. Sebagai manusia dewasa, Hopers tentu sadar bahwa perubahan memang terkadang membuat perasaan asing dan tidak nyaman bagi siapapun, termasuk juga pada anak.

Untuk itu, sangat disarankan agar proses menyapih dilakukan secara bertahap sejak 6 bulan sebelum batas maksimal usia menyusu ibu pada anak.

Baca Juga: Sempat kaget Sule akan nikah dengan wanita muda, ternyata begini penilaian Nathalie Holscher pada Rizky Febian

Halaman:

Editor: Nada Shofura Faradyana

Sumber: Nhs.uk

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada preeklamsia, tekanan darah tinggi pada ibu hamil

Selasa, 29 November 2022 | 06:52 WIB

5 Penyebab rambut rontok, dari genetik sampai jamur

Senin, 28 November 2022 | 15:07 WIB