Berpikir keras bikin otak lelah dan tubuh melemah terbukti secara ilmiah, waspadai hal ini

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 20:15 WIB
Otak juga bisa mengalami kelelahan yang bisa berujung pada kinerja.  (Foto: Pixabay)
Otak juga bisa mengalami kelelahan yang bisa berujung pada kinerja. (Foto: Pixabay)

Hops.ID – Sebuah studi baru menjelaskan bahwa berpikir keras selama beberapa jam akan membuat tubuh kita menjadi melemah. Hal itu dapat memengaruhi bagaimana orang-orang membuat keputusan yang salah.

Kita selalu berpikir dalam menjalani rutinitas sepanjang hari. Merasa lelah setelah melakukan pekerjaan fisik tentu merupakan hal yang normal.

Tapi pernahkah tubuh kita merasa lelah karena berpikir keras ?

Perasaan kelelahan setelah berpikir keras bukanlah sebuah ilusi yang ada di kepala kita, melainkan sebagai tanda untuk beristirahat.

Para peneliti telah menemukan penemuan baru bahwa terlalu banyak berpikir keras selama beberapa jam dapat menyebabkan kelemahan mental. Sehingga sulit untuk membuat keputusan yang benar.

Sebuah studi baru memberikan penjelasan biologis untuk fenomena ini, bahkan berpikir keras dapat menyebabkan penumpukan bahan kimia yang dapat mengganggu fungsi otak.

Dilansir melalui nature.com sebuah studi yang diterbitkan pada 11 Agustus 2022, studi tersebut memberi tugas ke beberapa peserta.

Baca Juga: Sule sepi job usai diceraikan Nathalie Holscher? Segini jumlah hartanya yang masih tersisa

Hasil penemuan tersebut menjelaskan peserta yang menghabiskan lebih dari 6 jam mengerjakan tugas yang membosankan dan melelahkan secara mental memiliki tingkat glutamat yang lebih tinggi molekul sinyal penting di otak.

Halaman:

Editor: Cesaria Hapsari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kamu insomnia? Cobalah 9 cara aneh ini agar tidur nyenyak

Selasa, 27 September 2022 | 08:24 WIB