Bangun tidur di pagi hari masih capek? Simak 5 cara yang dapat dilakukan agar pagi kita berkualitas

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 11:37 WIB
Ilustrasi tidur (Unsplash/Matheus Vinicius)
Ilustrasi tidur (Unsplash/Matheus Vinicius)

Hops.ID – Pernahkah kamu tidur selama 7 sampai dengan 8 jam sehari, tetapi ketika bangun pada pagi hari, tubuh masih merasakan rasa kelelahan baik secara fisik dan mental.

Jika sudah mengikuti saran tersebut, kenapa tidak merasa segar setelah tidur dalam waktu rentang itu? Tentu hal ini dapat berpengaruh negatif dalam hidup kita.

Di sini kita akan mengulas alasan kenapa hal tersebut bisa terjadi dan apa yang dapat kita lakukan untuk memulai pagi hari lebih baik.

Sebenarnya sebelum 1 jam kita akan bangun dari tidur, tubuh kita akan melepaskan kortisol dan hormon lainnya yang mempersiapkan tubuh kita untuk bangun.

Baca Juga: Kahiyang Ayu hamil anak ketiga, Presiden Jokowi bakal dapat cucu kelima

Bagi kebanyakan orang, merasa lelah setelah bangun merupakan hasil dari sleep inertia, secara singkatnya yaitu masa transisi antara tidur dan bangun.

Sleep inertia ini umumnya akan menghilang antara 15 sampai dengan 60 menit setelah bangun tidur. Hal ini akan mempengaruhi kemampuan motorik dan kognitif kita. Perasaan ini juga dapat membuat kita merasa was-was setelah bangun tidur, dan kita merasakan pusing seakan-akan penglihatan kita berputar.

Dalam beberapa kasus, bahkan bisa berbahaya, terutama ketika kita sedang berkendara, bekerja, dan ketika kita sedang beraktifitas.

Ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk memastikan kita memberi kesempatan pada tubuh dan pikiran untuk bangun dengan perasaan segar sebagaimana berikut dilansir dari trendeepro pada 16 Agustus 2022:

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: trendeepro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kamu insomnia? Cobalah 9 cara aneh ini agar tidur nyenyak

Selasa, 27 September 2022 | 08:24 WIB