11 Cara keluar dari zona nyaman : Nomor 2 bisa bikin kamu bisa bahasa Inggris

- Jumat, 23 September 2022 | 06:50 WIB

 

Hops.ID – Kerap kali kita dalam menjalani hidup ini ingin berada di zona yang menurut kita nyaman karena akan membuat kita bahagia.
 
Namun sayangnya  jika posisi kita berada di zona nyaman justru akan membuat hidup kita monoton dan hanya disitu-situ saja tanpa adanya suatu perubahan yang ingin kita lakukan atau capai.
 
Jika hidupmu dirasa stagnan dan kamu berpikir ingin ada capaian di dalam hidupmu, coba ubah cara berpikirmu agar tidak terjebak di zona nyaman.
 
Berikut ini Hops.id akan membeberkan beberapa cara agar keluar dari zona nyaman, hingga bisa membuat hidupmu menjadi lebih berkesan.
 
Dikutip Hops.id dari instagram@merakit.hidup, 22 September 2022, Berikut ini 11 cara agar kamu keluar dari zona nyaman diantaranya sebagai berikut:
 
 
1. Buat daftar 10 aktivitas atau hal yang bisa kamu lakukan setiap hari yang membuat kamu tidak nyaman
 
Cara yang di poin pertama ini merupakan cara yang mudah untuk dilakukan misalnya bagun di pagi hari, olahraga, makan sehat, baca buku, merekam diri sendiri untuk melatih public speaking, dll.
 
2. Memulai pembicaraan dengan orang asing atau baru
 
Memulai pembicaraan dengan orang asing sangatlah tidak menyenangkan untuk sebagian orang, tapi ini sangat bagus untuk melatih keberanian dan kepercayaan diri.
 
Selain itu juga bagi kamu yang ingin mahir bahasa inggris, kamu juga bisa merutinkan untuk melakukan percakapan dengan berbahasa inggris baik secara langsung maupun via online, semisalnya kalau via online kamu bisa mendwonload aplikasi ome tv di handphone kamu, dan lakukan percakapan dengan orang-orang bule/asing.
 
3. Temukan 1 hal kecil yang bisa kamu lakukan yang dapat merubah rutinitas kamu
 
Jika kamu terbiasa melewati jalan yang sama sepulang kerja, sekolah atau yang lainnya, cobalah kamu menggunakan rute yang berbeda, atau jika kamu juga terbiasa makan siang dengan teman yang sama, cobalah kamu mengajak teman yang lain, yang dirasa belum mengenal lebih dekat.
 
 
4. Mencoba belajar skill baru
 
Dengan belajar skill baru, kamu sedikit memaksa dirimu untuk berada di learning zone, dan semakin fokus belajar, percaya dirimu akan semakin naik untuk pindah ke growth zone.
 
5. Berolahraga dengan cara baru yang lebih menyenangkan
 
Olahraga sangat bagus untuk membantu keluar dari dari zona nyaman baik secara fisik maupun mental.
 
Selain itu jika kamu sudah rutin olahraga sendiri, sesekali kamu jalan kaki/lari bersama teman dan membuat rutinitas olahraga lebih menyenangkan lagi.
 
6. Beri reward ke diri sendiri
 
Setiap kali berhasil melakukan sesuatu yang tidak nyaman, beri reward untuk dirimu sendiri dan mungkin reward bisa menjadi motivasimu untuk terus mencoba hal baru.
 
 
7. Ubahlah rasa cemas jadi excited
 
Rasa cemas dan khawatir bisa jadi penghalang terbesar bagi kita, untuk keluar dari zona nyaman, misalnya Ketika cemas datang, rubahlah fokus dan pikirkan saja hal-hal yang membuat kita semangat dan menyenangkan dari apa yang akan kamu lakukan.
 
8. Gabung komunitas
 
Cobalah untuk berbicara di depan orang banyak, sehingga suaramu didengar/diperhatikan dalam mengeluarkan pendapat baik secara online maupun offline. Karena itu akan membantumu dalam menaikan kepercayaan diri.
 
9. Beri pujian untuk teman dan keluarga
 
Memberi pujian kadangkala memang sulit atau canggung untuk dilakukan oleh setiap orang. Akan tetapi jika bisa memberikannya pada saat yang tepat, itu dapat menaikan mood si penerima maupun yang memberi pujian.
 
 
10. Baca buku dengan topik yang acak
 
Membaca buku dengan topik yang belum pernah dibahas sama sekali ketika kamu beraktivitas membaca buku , itu akan berdampak pada pikiran kamu serta belajar berpikir out of the box.
 
Contohnya: jika kamu sudah terbiasa membaca buku, bacalah buku tentang pengembangan diri, atau buku desain jika kamu berprofesi sebagai seorang programmer.
 
11. Mulailah dari langkah kecil atau hal kecil
 
Kebanyakan orang selalu berpikir berlebihan sebelum memulai sesuatu yang baru seperti berpikir kita harus memberikan segalanya seperti upaya terbaik /hasil terbaik, jika tidak memberikan hasil yang terbaik maka lebih memilih tidak melakukannya.
 
Oleh sebab itu, kamu harus rubah cara berpikirnya menjadi berpikir tidak perlu sempurna untuk memulai sesuatu, tapi mulailah dengan langkah di depan yang bisa kamu lakukan, sehingga kamu tidak perlu menunda-nunda untuk keluar dari zona nyaman kamu.***
 

Editor: Anisa Widiarini

Sumber: Instagram@merakit.hidup

Tags

Artikel Terkait

Terkini