Rutin makan biji-bijian dapat mengurangi risiko penyakit jantung, begini penjelasannya

- Selasa, 27 September 2022 | 08:11 WIB
Ilustrasi biji-bijian dapat mengurangi risiko penyakit jantung (Unsplash/Margarita Zueva)
Ilustrasi biji-bijian dapat mengurangi risiko penyakit jantung (Unsplash/Margarita Zueva)

Hops.ID - Penyakit jantung merupakan penyakit yang menjadi perhatian masyarakat di seluruh dunia, sampai-sampai World Health Organization (WHO) menempatkannya sebagai penyebab utama kematian akibat penyakit tersebut.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal medis internasional 'The Lancet Healthy Longevity' menyatakan bahwa setelah usia 36 tahun, semakin buruk penyakit jantung, semakin buruk kesehatan otak.

Seperti penyakit dewasa lainnya, penyakit jantung juga dipengaruhi oleh pola makan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam JACC (2015), jurnal resmi American Heart Association, menemukan bahwa diet sehat yang mengandung buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan ikan dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga lebih dari 30%.

Baca Juga: Bikin merinding! Kisah mistis TKW ngaku tidur dengan hantu Taiwan selama sembilan bulan

Biji-bijian dianggap sebagai makanan terbaik untuk kesehatan jantung di antara makanan yang terdiri dari diet sehat.

Menurut sebuah studi dari Tufts University di Amerika Serikat yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition (2021), data dari 3.121 orang dari tahun 1971 hingga 2014.

Lingkar pinggang hanya meningkat 0,5 inci. Kadar gula darah dan tekanan darah juga meningkat kurang dari rata-rata kelompok. Lingkar pinggang, peningkatan kadar gula darah dan tekanan darah merupakan faktor utama yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

"Biji-bijian utuh memberikan manfaat kesehatan. Selain membantu orang paruh baya mengatur berat badan mereka," kata para peneliti dikutip Hops.ID dari News Naver, Selasa, 27 September 2022.

Baca Juga: 5 Kisah mistis urban legend populer, ada hantu tek tek hingga nenek gayung

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: News Naver

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Obat alami untuk menyembuhkan penyakit asam lambung

Senin, 5 Desember 2022 | 12:08 WIB