Syahrini dianggap kena kutukan karena tak kunjung hamil, ternyata ini penjelasan medis wanita sulit hamil

- Rabu, 28 September 2022 | 20:07 WIB
Syahrini (Instagram @princessyahrini)
Syahrini (Instagram @princessyahrini)
 
Hops.ID - Syahrini menjadi artis yang kerap menjadi sorotan publik karena tingkahnya yang nyentrik dan gayanya yang khas.

Syahrini telah menjalankan bahtera rumah tangga dengan Reino Barack hampir genap empat tahun dan belum dikaruniai anak. Malangnya, banyak yang memojokkan Syahrini dan menyebutnya terken akutukan. 

Padahal, terdapat penjelasan medis mengapa seseorang terbilang sulit untuk hamil dan mendapatkan anak.

Baca Juga: Indonesia harus bisa manfaatkan momentum perfect storm

Kondisi medis dim ana seorang wanita sulit hamil dan mendapatkan anak disebut dengan infertilitas. Kondisi infertilitas disebabkan oleh adanya masalah pada sistem reproduksi pada salah satu pasangan.

Masalah tersebut bahkan dapat menjadi persoalan primer jika seorang wanita tidak dapat hamil sama sekali.

Kondisi tersebut biasa dikenal dengan infertilitas primer karena kondisi yang tidak dapat hamil sama sekali usai dilakukan berbagai metode.

Infertilitas juga dapat berlaku sekunder dimana seorang wanita sebelumnya dapat hamil namun pada periode selanjutnya ia tidak dapat hamil.

Baca Juga: 5 Hantu Jepang paling seram dan mengerikan, ada yang mirip Kuyang Indonesia

Beberapa penyebab infertilitas pada wanita diantaranya ialah sindrom ovarium polikistik (PCOS), kelebihan berat badan, kekurangan berat badan, disfungsi tiroid, insufisiensi ovarium primer, hiperprolaktinemia dan kelebihan olahraga.

PCOS sendiri menjadi salah satu penyebab dimana wanita tidak mengalami ovulasi. Tidak mengalami ovulasi menjadi penyebab umum seorang wanita mengalami infertilitas.

Masalah ovulasi ini biasanya ditandai dengan siklus menstruasi yang tidak teratur. Namun patut dicatat bahwa menstruasi yang berjalan teratur pun tidak menjamin jika ovulasi berjalan normal.

Baca Juga: Nikita Mirzani terus lempar sindiran keras, Najwa Shihab asyik goyang di atas panggung

Sebaiknya konsultasikan pada dokter dan lakukan cek kesehatan untuk mengetahui kesehatan reproduksi. Bagi yang mengalami siklus menstruasi tidak teratur dapat segera konsultasikan ke dokter.

Selain infertilitas pada wanita, pria juga dapat mengalami masalah yang sama. Terlebih infertilitas pada pria jarang terlihat dengan gejala yang jelas.

Oleh karena itu, untuk mengetahui infertilitas pada pria harus dilakukan pengecekan secara langsung dengan analisis air mani dan kesehatan reproduksi terkait.***

Editor: Nariyati

Sumber: Suara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Obat alami untuk menyembuhkan penyakit asam lambung

Senin, 5 Desember 2022 | 12:08 WIB