Dipakai untuk bubarkan massa di tragedi Kanjuruhan, sederet efek gas air mata ini bisa bertahan hingga 24 jam

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 22:40 WIB
Efek gas air mata di tragedi Kanjuruhan. (Foto: Instagram @Aremafcofficial)
Efek gas air mata di tragedi Kanjuruhan. (Foto: Instagram @Aremafcofficial)

Hops.ID - Beberapa waktu lalu terjadi tragedi dalam sepakbola Indonesia, dalam pertandingan Arema VS Persebaya di stadion Kanjuruhan yang disebut tragedi Kanjuruhan.

Tragedi Kanjuruhan menelan ratusan korban jiwa dari tim supporter Aremania. Menurut Kadiv Humas Polri, Irjenpol Dedi Prasetyo, jumlah korban meninggal dunia sampai saat ini masih tetap 125 orang.

Menurut kesaksian supporter yang menyaksikan langsung kejadian tragedi Kanjuruhan tersebut, mereka sangat menyayangkan tindakan aparat, karena menembakkan gas air mata ke arah tribun.

Dikutip Hops.ID dari channel YouTube Metro TV News tanggal 2 Oktober 2022, kesaksian dari korban selamat bernama Affandi menjelaskan bahwa usai laga Arema FC kontra Persebaya Surabaya supporter tidak rusuh, kericuhan justru dipicu oleh aparat keamanan.

Baca Juga: Getol ingatkan Rizky Billar soal penyakit ringan tangan, Inul sadar fisik Lesti Kejora berubah: Dia alasan...

Affandi menambahkan, saat itu memang supporter turun ke lapangan tetapi hanya untuk memberikan dukungan kepada pemain Arema FC.

Banyak Aremania yang turun ke lapangan, sehingga membuat aparat keamanan panik dan menembakkan gas air mata ke arah tribun.

Lantas apa dampak dari penggunaan gas air mata kepada tubuh?  Efek yang ditimbulkan dari gas air mata di antaranya, dapat menimbulkan iritasi pada kelopak mata dan juga memicu efek pada pernapasan seperti sesak napas.

Dikutip Hops.ID dari hmjkimia.uin-malang.ac.id, mata dan sistem pernafasan adalah target utama paparan gas air mata. Menimbulkan iritasi mata dan saluran pernapasan yang terjadi kurang lebih dalam 20–60 detik.

Halaman:

Editor: Cesaria Hapsari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Obat alami untuk menyembuhkan penyakit asam lambung

Senin, 5 Desember 2022 | 12:08 WIB