Pentingnya pertolongan pertama pada perdarahan dan luka, Nakes dapat edukasi di First Aid Conference 2022

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 19:07 WIB
Ilustrasi plester luka, foto: Pixabay
Ilustrasi plester luka, foto: Pixabay

Hops.ID - Perdarahan dan luka merupakan hal yang umum dialami kapanpun oleh siapapun. Luka bisa terjadi ketika seseorang melakukan kegiatan sehari-hari baik di dalam maupun di luar rumah.

Saat seseorang mengalami luka terbuka tidak jarang terjadi pendarahan luar. Pendarahan luar yang hebat dapat mengakibatkan meningkatnya kehilangan darah dalam jumlah yang cukup banyak.

Apabila penanganannya terlambat, besar kemungkinan terjadinya infeksi bahkan meninggal dunia. Dengan memberikan pertolongan pertama secara cepat dan memberikan perawatan luka dengan baik dan tepat, maka bisa mencegah terjadinya infeksi pada luka.

“Pendarahan dan luka seringkali terjadi secara tidak terduga. Jika tidak ditangani dengan tepat, dapat memicu infeksi bahkan kematian. Oleh karena itu, penanganan luka harus dilakukan sesegera mungkin," ujar Dr. Christopher Vierhaus, Group Brand Manager Hansaplast PT. Beiersdorf Indonesia, dilansir dari rilis yang diterima Hops Kamis 6 Oktober 2022.

Baca Juga: Timnas Indonesia U 17 dituntut harus fair play hingga dipuji salah satu media luar negeri

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa untuk mengoptimalkan penanganan luka maupun perdarahan, tenaga kesehatan perlu melakukan pengkajian luka yang komprehensif untuk memutuskan tindakan yang akan diambil sesuai dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menunjukkan perawatan luka yang berkualitas.

"Oleh karena itu, penting bagi tenaga kesehatan untuk memahami dasar-dasar penanganan pendarahan dan luka yang kolaboratif antar tenaga kesehatan untuk menghasilkan manajemen perawatan luka yang optimal dan efektif," lanjutnya.

First Aid Conference 2022 Hansapalast, foto: Istimewa

Berkaitan dengan itu, Hansaplast menggelar, Hansaplast First Aid Conference 2022 yang dihadiri oleh 3.000 peserta secara online dan 500 peserta secara offline yang terdiri dari dokter, perawat dan apoteker.

Halaman:

Editor: Anisa Widiarini

Sumber: Hops ID

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Penyebab rambut rontok, dari genetik sampai jamur

Senin, 28 November 2022 | 15:07 WIB