5 hal tak terduga yang bisa membuat depresi semakin parah

- Kamis, 3 November 2022 | 17:49 WIB
5 hal tak terduga yang bisa membuat depresi semakin parah (Pexels/Pixabay)
5 hal tak terduga yang bisa membuat depresi semakin parah (Pexels/Pixabay)

 

 

Hops.ID – Depresi menurut Kemenkes adalah sebuah penyakit yang ditandai dengan rasa sedih yang berkepanjangan dan kehilangan terhadap hal atau kegiatan yang biasanya disukai.

Mereka yang memiliki depresi biasanya memiliki gejala seperti kehilangan energi, perubahan nafsu makan, cemas, dan berkurangnya konsentrasi.

Tidak ada yang memilih untuk mengalami depresi, namun itu tidak berarti orang tidak memiliki kendali atas kesehatan mentalnya untuk mencegah depresi semakin parah.

Baca Juga: Siap ditonton, ini 5 film Indonesia yang akan tayang di bioskop bulan November 2022 beserta sinopsinya

Dilansir dari yourtango pada 3 November 2022, Hops.ID telah merangkum 5 hal yang bisa membuat depresi semakin parah.

1. Apa yang dimakan

Penelitian menemukan bahwa orang yang makan makanan olahan seperti gorengan, produk manis, dan bir dapat menimbulkan depresi yang lebih besar dibandingkan dengan diet sayuran, buah, daging, ikan, dan biji-bijian.

Memperbaiki pola makan dapat membantu meringankan gejala psikologis. Komunitas mikroorganisme yang hidup dalam sistem pencernaan, memberikan pengaruh pada kesehatan mental.

Baca Juga: Tak persoalkan beda agama Rizky Febian dan Mahalini, Sule desak segera menikah: Buat apa pacaran?

2. Bagaimana tidurnya

Kurang tidur memang berpengaruh dalam kesehatan mental. Gangguan tidur seperti perubahan pola tidur dan insomnia, dapat menandakan atau bahkan memicu depresi

Menjaga waktu tidur dan waktu bangun tetap konsisten, mematikan layar beberapa jam sebelum tidur untuk membatasi cahaya biru yang dapat membuang siklus melatonin.

Halaman:

Editor: Fachrina Fauziah

Sumber: yourtango.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini