5 Cara menangani sakit dada sebelah kiri secara alami, patut dicoba!

- Jumat, 11 November 2022 | 07:55 WIB
ilustrasi sakit dada sebelah kiri (Hackensack Meridian Health)
ilustrasi sakit dada sebelah kiri (Hackensack Meridian Health)

Hops.ID - Area dada merupakan tempat berkumpulnya organ-organ penting dalam tubuh. Tak ayal, banyak dari kita yang khawatir ketika merasakan sakit dada. 

Rasa sakit dada sering kali dikaitkan dengan penyakit jantung. Namun, sebenarnya ada banyak sekali penyebabnya, terutama jika sakitnya pada dada sebelah kiri

Penelitian berjudul A National Study of the Prevalence of Life-Threatening Diagnoses in Patients With Chest Pain pada 2016 menyebutkan bahwa nyeri dada merupakan salah satu alasan paling umum banyaknya orang yang masuk ruang gawat darurat (UGD) yang menghasilkan lebih dari 8 juta kunjungan setiap tahun.

Baca Juga: Rutin makan biji-bijian dapat mengurangi risiko penyakit jantung, begini penjelasannya

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui apa saja penyebab yang ditimbulkan serta gejala yang menyertai sakit pada dada supaya dapat dilakukan penanganan secara cepat dan tepat.

Penyebab sakit dada sebelah kiri

Banyak faktor yang mendasari sakit pada dada sebelah kiri. Menurut Dr Lalith Agarwal, seorang konsultan ahli jantung di Medicover Hospitals, kondisi nyeri tergantung penyebab yang mendasarinya sehingga perlu dilakukan pengecekan secara menyeluruh.

“Gejala nyeri dada sebelah kiri tergantung penyebab yang mendasarinya, dan harus diselidiki secara menyeluruh,” ujarnya dilansir dari laman resmi rumah sakit Medicover Hospitals pada 11 November 2022.

Baca Juga: Suara Farel Prayoga disebut sosok ini bagai Gunung Gumitir

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: Medical News Today, Very Well Health, Medicover Hospitals, Tuasaude.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tidak tidur semalaman? Hindarilah 4 hal ini

Selasa, 24 Januari 2023 | 20:41 WIB