7 Rekomendasi makanan terbaik untuk turunkan berat badan, pejuang diet wajib catat!

- Kamis, 17 November 2022 | 08:02 WIB
Ilustrasi makanan untuk turunkan berat badan (Steve Buissinne di Pixabay)
Ilustrasi makanan untuk turunkan berat badan (Steve Buissinne di Pixabay)
 
Hops.ID - Makanan terbaik untuk turunkan berat badan selalu menjadi hal yang tak henti-hentinya dicari oleh para pejuang diet.
 
Nyatanya, seseorang yang menjalani program diet memang perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi karena hal itu menjadi salah satu faktor terbesar yang mempengaruhi berat badan.
 
Tak dapat dimungkiri bahwa sejumlah makanan memiliki kandungan nutrisi yang dapat membantu turunkan berat badan sehingga bisa dipilih sebagai asupan harian bagi orang-orang yang sedang melakukan diet.
 
 
Terkait hal itu, Hops.ID telah merangkum 7 rekomendasi makanan terbaik untuk turunkan berat badan sebagaimana dilansir dari Forbes.
 
 1. Kacang-kacangan dan biji-bijian
 
Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber serat, protein, dan lemak sehat yang dapat membantu mengurangi rasa lapar. 
 
Oleh karena itu, jenis makanan yang satu ini dapat menjadi pilihan yang sangat tepat bagi para pejuang diet.
 
 
Adapun contoh kacang-kacangan dan biji-bijian yang baik dikonsumsi untuk membantu turunkan berat badan yakni almond, kacang tanah, jambu mente, biji wijen, biji matahari, hingga biji labu.
 
 2. Salmon
 
Jenis ikan yang satu ini memiliki kandungan protein yang tinggi dan asam lemak omega-3. Kandungan tersebut dinilai dapat membantu orang yang memiliki kelebihan berat badan.
 
Hal itu karena nutrisi yang terdapat pada ikan salmon dapat memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama dibandingkan protein lainnya seperti telur hingga daging sapi.
 
 3. Pisang mentah
 
Pisang mentah mengandung salah satu sumber pati tahan prebiotik terkaya di dunia yang dapat membantu mencegah penyimpanan lemak di sekitar lingkar pinggang. 
 
 
Tentu ini sangat baik bagi para pejuang diet dan bagi kamu yang selalu mengeluhkan banyaknya lemak di tubuh.
 
Dikombinasikan dengan protein lain seperti selai kacang atau smoothie, maka mengonsumsi pisang mentah ini juga dapat membuat kenyang selama berjam-jam.
 
 4. Daging ayam dan sapi
 
Ayam dan sapi merupakan sumber protein tanpa lemak. Selain memiliki manfaat kesehatan untuk menstabilkan gula darah, daging ayam dan sapi juga dapat membantu menurunkan berat badan.
 
Hal itu karena mengonsumsi makanan ini dapat membuat tubuh lebih cepat kenyang. Apalagi jika dikombinasikan dengan sejumlah protein nabati lainnya seperti buncis dan kacang polong.
 
 
Makanan tersebut mengandung serat sehingga dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar.
 
 5. Alpukat
 
Alpukat kaya akan kandungan serat dan merupakan sumber lemak yang sehat sehingga bisa menjadi pilihan makanan terbaik bagi para kaum diet.
 
Kendati demikian, pastikan untuk tetap memperhatikan porsinya saat dikonsumsi karena alpukat mengandung kalori yang cukup padat meski demikian hal itu dapat pula mengurangi rasa lapar.
 
 6. Telur
 
Telur mengandung hampir semua vitamin yang penting bagi tubuh kecuali vitamin C.  
Didukung dengan kandungan mineral seperti fosfor, kalsium, dan potasium.
 
 
Sejumlah kandungan nutrisi pada telur tersebut pun membuatnya menjadi sumber protein yang lengkap dan dapat menurunkan berat badan secara cepat.
 
 7. Sayuran
 
Semua jenis sayuran pada hakikatnya dapat membantu menurunkan berat badan, misalnya saja seperti sayur brokoli, kembang kol, hingga kubis.
 
Selain itu, seledri juga bisa menjadi rekomendasi makanan terbaik untuk orang-orang diet karena mengandung kalori yang rendah.
 
Itulah 7 rekomendasi makanan terbaik untuk turunkan berat badan. Pejuang diet wajib catat, ya. ***

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: Forbes

Tags

Terkini

7 Obat alami untuk menyembuhkan penyakit asam lambung

Senin, 5 Desember 2022 | 12:08 WIB