Pakai cotton bud ternyata bahaya, dr Tirta bagikan cara bersihkan kotoran telinga yang aman

- Minggu, 20 November 2022 | 19:23 WIB
Cara bersihkan kotoran telinga ala dr Tirta (Instagram dr Tirta)
Cara bersihkan kotoran telinga ala dr Tirta (Instagram dr Tirta)

Hops.ID - Siapa yang tak risih jika lubang telinga terasa gatal, bahkan muncul kotoran telinga berupa cairan kental berwarna kuning sehabis mandi.

Jika hal itu terjadi, biasanya cotton bud jadi pilihan untuk membersihkan kotoran telinga yang menggangu dan tak jarang mengeluarkan bau.

Padahal, tahukah kamu kalau kotoran telinga itu sangat berguna untuk melindungi gendang telinga dari benda asing yang masuk. Sehingga kotoran telinga tak perlu dibersihan secara berlebihan untuk menjaga fungsinya.

Baca Juga: Tak beradab! Pelajar tega menendang nenek yang tak berdaya, buat warganet murka

Hal itu juga dijelaskan oleh dr Tirta. Dokter yang kerap membagikan tips-tips kesehatan di laman Instagramnya itu mengatakan bahwa penggunaan cotton bud untuk membersihkan rongga telinga justru bahaya. 

"Telinga ada kotoran, kotoran ini ada untuk melindungi lubang telinga. Misalnya ada serangga nggak bisa langsung masuk karena ada kotoran telinga langsung, untuk menjaga gendang telinga," ujarnya dilansir hops dari laman instagram @drtirta Minggu 20 November 2022.

Lebih lanjut, dokter yang didapuk jadi duta covid-19 ini juga menjelaskan alasan mengapa cotton bud cukup berbahaya jika tak tepat penggunaannya.

Cotton bud (Pixabay)
Baca Juga: Perlakuan asli Uya Kuya ke istri sampai jadikan Anya Geraldine fantasi seks: Soalnya dia putih dan montok

"Kalau konsultasi ke dokter THT, cotton bud itu justru mendorong kotoran telinga itu ke dalam mendekati si gendang telinga," katanya.

"Yang terjadi kotoran itu menumpuk di gendang telinga dan ada penyumbatan dan membuat kotoran itu mengeras, akibatnya bisa membuat kita kehilangan pendengaran karena sumbatan."

Halaman:

Editor: Fachrina Fauziah

Sumber: Instagram @dr.tirta

Tags

Artikel Terkait

Terkini