Korban gampa Cianjur rawan penyakit menular, ini 6 langkah penanganan kesehatan yang dianjurkan

- Selasa, 22 November 2022 | 08:02 WIB
Gempa Cianjur, sumber foto: Suara
Gempa Cianjur, sumber foto: Suara

Hops.ID - Bencana gempa berkekuatan 5,6 magnitudo di 10km Barat Daya Kabupaten Cianjur Jawa Barat pada Senin 21 November 2022 kemarin menyebabkan jatuh korban.

Kita tentu amat berduka dengan lebih dari 160 orang yang wafat dan ratusan yang luka-luka akibat gempa di Cianjur dan sekitarnya, sesuai data sampai tadi malam.

Kemarin sampai malam dan pagi hari ini korban terus berjatuhan dan memang menurut berbagai data ilmiah maka beberapa jam sesudah gempa akan banyak ditemukan kasus serius, luka, patah tulang sampai kerusakan organ dalam tubuh akibat berbagai benturan ketika gempa.

Baca Juga: Cara nonton online Piala Dunia 2022 via HP dan tv digital, diakses tanpa langganan plus tarif operator seluler

Kasus-kasus berat dapat mengakibatkan gangguan berbagai alat atau sistem tubuh yang memerlukan penanganan segera.

Salah satu penelitian lain menunjukkan dari kasus-kasus yang ada maka sekitar 65 persen mengalami luka-luka, 22 persen patah tulang, 6 persen kerusakan jaringan lunak dan persentasi cukup banyak yang ada trauma di tungkai dan lengan.

Tak cuma luka berat, ternyata ancaman penyakit menular juga incar korban gempa. Hal itu juga diungkapkan Mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara, Prof Tjandra Yoga Aditama.

Baca Juga: Baru terungkap, Ayu Dewi pernah pacaran dengan aktor Nicholas Saputra ? Ini bukti-buktinya lho

Ia menyebut sesudah hari-hari pertama sesudah bencana maka akan timbul berbagai masalah kesehatan lain, bahkan mungkin bisa terjadi gagal multi organ, atau infeksi berat sampai dapat terjadi sepsis dan lain- lain.

Halaman:

Editor: Anisa Widiarini

Sumber: Hops ID

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tidak tidur semalaman? Hindarilah 4 hal ini

Selasa, 24 Januari 2023 | 20:41 WIB