Simak ini pengertian oogenesis yang harus diketahui wanita

- Sabtu, 26 November 2022 | 15:44 WIB
Sistem reproduksi wanita (Pexels.com)
Sistem reproduksi wanita (Pexels.com)

Hops.ID - Oogenesis seringkali menuai pertanyaan bagi banyak orang. Diketahui, masa subur pada wanita merupakan satu hal yang wajar dialami pada hari ke 10 sampai 17 sejak hari pertama haid. Pada masa subur ini wanita bisa hamil apabila sel telur di buahi oleh sel sperma.

Oogenenis adalah salah satu dari sistem reproduksi yang terdapat di ovarium wanita. Oogenesis ini merupakan proses pembentukan sel telur pada wanita.

Sel telur tersebut dibutuhkan pembuahan oleh sel sperma agar bisa terjadi kehamilan. Oogenenis sudah berlangsung sejak bayi perempuan di dalam kandungan namun proses ini berhenti saat masa kanak-kanak.

Baca Juga: Cara cepat hilangkan perut buncit dalam 1 minggu secara alami menurut dr. Zaidul Akbar

Oogenesis akan kembali terjadi saat wanita menginjak usia puber, yang ditandai dengan adanya menstruasi atau haid pada wanita.

Menurut buku Development Biology, saat wanita mengalami pubertas, ia akan mempunyai sel telur lebih dari satu juta sel telur. Tapi, semakin tua wanita, sel telur juga akan ikut berkurang dan terus menurun.

Proses Oogenesis ini sangat dibutuhkan agar sel telur matang dan siap untuk proses pembuahan. Kemudian sel telur tersebut akan di lepaskan saat wanita memasuki masa subur.

Baca Juga: Benarkah RD minta untuk gugurkan kandungan? Denise Chariesta: Gue pengen anak itu...

Sejumlah hormon juga berperan penting pada saat proses Oogenesis. Yakni hipotalamus yang terjadi saat menstruasi akan menghasilkan hormon GnRH atau hormon Gonadotropin Realising Hormon.

Halaman:

Editor: Fachrina Fauziah

Sumber: Youtube biologi edukasi

Tags

Artikel Terkait

Terkini