Waspada preeklamsia, tekanan darah tinggi pada ibu hamil

- Selasa, 29 November 2022 | 06:52 WIB
Ilustrasi ibu hamil mengalami Preeklamsia (Leah Kelley di Pexels)
Ilustrasi ibu hamil mengalami Preeklamsia (Leah Kelley di Pexels)

Hops.ID - Preeklamsia terjadi ketika tekanan darah tinggi terjadi pada ibu yang usia kehamilannya lebih dari 20 minggu, yang disertai adanya protein di urine. 

Protein dalam urine bisa ada bisa tidak tergantung tekanan darah tinggi itu. Preeklamsia disebabkan oleh beberapa hal. Teori pertama menyebutkan plasenta yang tidak menempelnya kurang bagus di rahim bisa menyebabkan aliran darah yang masuk lebih sedikit, sehingga dibutuhkan tekanan yang lebih kuat agar lebih kencang mengalirkan darah.

Preeklamsia juga dipicu kehamilan pertama dengan usia ibu lebih dari 35 tahun atau masih belasan tahun. Selain itu bisa juga terjadi jika terdapat obesitas atau berat badan berlebih.

Baca Juga: Dituding hamil dengan inisial A, kelakuan Shalom Razade sama pria inisial S terungkap: Paling enak…

Dilansir Hops.ID dari kanal YouTube Dokter Keven pada 29 November 2022, jika kehamilan pertama sudah mengalami Preeklamsia maka kemungkinan besar bisa terjadi di kehamilan berikutnya.

Dokter Keven menyebutkan jika gejala-gejala ibu hamil mengalami Preeklamsia sebenarnya amat banyak.

Preeklamsia dapat menyerang berbagai macam organ, seperti kepala, mata, dan otak. Mata akan mengalami pandangan sedikit kabur, bahkan bisa melihat satu benda terlihat menjadi dua.

Baca Juga: 9 Manfaat tomat untuk kecantikan, banyak dipakai sebagai masker alami

Ada pula gejala yang terjadi di perut bagian kanan jika ditekan akan terasa sakit. Gejala-gejala di atas selalu dibarengi dengan tekanan darah tinggi.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: YouTube Dokter Keven

Tags

Artikel Terkait

Terkini