Hari AIDS Sedunia 2022: Kenali sejarah, bahaya hingga cara pencegahannya

- Kamis, 1 Desember 2022 | 10:12 WIB
HIV AIDS foto: Pixabay
HIV AIDS foto: Pixabay

Hops.ID - Setiap tanggal 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia setiap tahunnya. Penetapan tanggal tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dunia akan bahayanya penyakit AIDS.

Tema Global peringatan Hari AIDS Sedunia tahun 2022 yaitu “Equalize”. Tema ini dipilih mengingat pentingnya mengakhiri ketidaksetaraan yang mendorong terjadinya AIDS di seluruh dunia, khususnya pada perempuan, anak, dan remaja.

Tanpa tindakan nyata dan terukur terhadap ketidaksetaraan, dunia termasuk Indonesia berisiko tidak mencapai target untuk mengakhiri AIDS pada tahun 2030.

Sementara tema nasional yang diambil pada Hari AIDS Sedunia 2022 adalah Satukan Langkah Cegah HIV, Semua Setara Akhiri AIDS.

Tema tersebut mengajak kita semua untuk mengulurkan tangan, bergerak bersama, sebagai kekuatan terbesar untuk mengakhiri AIDS di Indonesia dengan mengusung kesetaraan bagi semua, khususnya perempuan, anak, dan remaja.

Baca Juga: Astagfirullah! Kondisi Mayang disorot setelah operasi hidung, warganet: Demi menyambung hidup bapaknya

Dikutip dari Dinkes Prov. Kalbar, AIDS (Acquired Immune Deficiency) merupakan kumpulan gejala serta infeksi yang muncul karena rusaknya sistem sistem kekebalan tubuh manusia lantaran terinfeksi virus HIV (Human Immunodeficiency Virus) yang melemahkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Saat ini belum ditemukan obat untuk infeksi HIV. Namun, dengan meningkatnya akses ke pencegahan, diagnosis, pengobatan dan perawatan HIV yang efektif, infeksi HIV telah menjadi kondisi kesehatan kronis yang dapat dikelola.

Ketersediaan layanan-layanan tersebut memungkinkan orang yang hidup dengan HIV untuk menjalani hidup yang panjang dan sehat.

Halaman:

Editor: Cesaria Hapsari

Sumber: Kemenkes RI, Dinkes Kalbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini