7 ciri-ciri orang tua toxic yang berpotensi merusak mental anak di kemudian hari

- Jumat, 2 Desember 2022 | 17:29 WIB
Ciri orang tua toxic Sumber foto: Pexels.com / RODNAE
Ciri orang tua toxic Sumber foto: Pexels.com / RODNAE

Hops.ID – Menjadi orang tua memang bukanlah peran yang mudah untuk dijalani. Para orang tua tentu selalu berusaha untuk menjadi orang tua yang baik bagi anaknya. Meski begitu, masih banyak contoh orang tua toxic di kehidupan sehari-hari yang dapat merusak mental anak-anaknya.

Tidak sengaja salah bersikap sehingga menyakiti hati anak mungkin manusiawi dilakukan para orang tua. Namun, orang tua toxic biasanya melakukan hal tersebut berkali-kali, dengan kata lain, mereka konsisten dengan sikap-sikap toxic-nya.

Parahnya, para orang tua toxic biasanya tidak memedulikan perasaan anak-anaknya yang tersakiti atas perlakuan tersebut. Mereka bahkan biasanya enggan untuk meminta maaf dikarenakan ego sebagai orang tua yang tinggi.

Baca Juga: BMW hadirkan M4 CSL, cuma ada dua unit di Indonesia

Selain itu, ada 7 ciri-ciri orang tua toxic lainnya yang dikutip oleh Hops.ID dari akun Instagram @tunggadewifoundation yang berpotensi merusak mental anak dalam jangka panjang.

  1. Sering membanding-bandingkan anak

Ciri pertama orang tua toxic adalah sering membandingkan-bandingkan. Bukan hanya dengan saudara, namun dengan siapapun yang dianggap orang tuanya lebih baik dari anaknya, misalnya tetangga, atau bahkan public figure.

Para orang tua yang toxic ini umumnya jarang atau sulit melihat sisi baik dan kelebihan anaknya. Mereka malah akan lebih fokus pada kelebihan yang dimiliki orang lain dan berharap anak mereka bisa menjadi sama seperti orang tersebut.

  1. Sering menganggap remeh anak

Ciri orang tua toxic selanjutnya adalah sering menganggap remeh anak atas apa yang mereka lakukan dan rasakan. Saat anak meraih prestasi, mereka tidak memberi apresiasi. Saat anak sedang merasa tidak baik-baik saja, mereka menganggap hal tersebut bukan apa-apa.

Baca Juga: Richard Eliezer terlihat menahan tangis di persidangan, Rynecke Alma Pudihang: Hatinya sudah hancur

Halaman:

Editor: Wefni Azlen

Sumber: Instagram @yayasantunggadewi

Tags

Terkini