Hot

Five V sebut Islam larang sujud ke kiai hingga habib: Hukumnya haram dan dosa besar

Setelah memutuskan untuk hijrah, Five V memang kerap membagikan tausiyah keagamaan lewat Instagram pribadinya. Namun, tak semua yang diunggah Five V di media sosial mendapatkan sambutan yang positif dari warganet. Bahkan, ia mengakui kerap mendapat olokan hingga caci maki.

Kendati begitu, Five V mengaku tak baper dan menganggap dosanya dikurangi dengan banyaknya hujatan warganet.

Muslima Fest

“Bismillah, dikarenakan posting kebenaran yang berdasarkan dalil Al-Qur’an dan As-Sunnah, beberapa akun fake mengolok-olok, mencaci maki, Alhamdulillah saya ga baper, Jazakallahu khairan, Anda telah mentransfer pahala untuk saya, jika habis pahala Anda karena menggibah saya, dosa saya transfer ke Anda,” tulisnya pada Jumat, (22/10/21).

Five V pun kembali mengingatkan tentang masalah sujud. Menurutnya, sujud kepada manusia dan benda mati tidak diperbolehkan dalam Islam. Meskipun sujud yang dimaksud dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada kiayi, orang tua, habib, ataupun presiden.

“Sujud kepada manusia, hukumnya dirinci: a) Sujud kepada manusia untuk penghormatan dan memuliakan, hukumnya haram dan dosa besar; b) Sujud kepada manusia untuk ibadah, hukumnya adalah syirik yang bisa mengeluarkan dari Islam.”

Unggahan Five V. Foto: Instagram
Unggahan Five V. Foto: Instagram

“Sujud kepada selain manusia, hukumnya adalah syirik yang bisa mengeluarkan dari Islam karena manusia tidak menghormati benda mati dengan sujud. Manusia tidak boleh sujud kepada manusia karena dalilnya cukup tegas. Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda, ‘Seandainya aku boleh menyuruh seorang manusia untuk bersujud kepada manusia lainnya, niscaya akan aku suruh seorang wanita untuk bersujud kepada suaminya.’ [HR. Tirmidzi]”

Mengkritisi perkara sujud, Five V pun menyertakan kutipan kitab sebagaimana berikut. “Sujud kepada manusia untuk menghormati dan memuliakan hukumnya adalah dosa besar. An-Nawawi menjelaskan, ‘Adapun yang dilakukan oleh orang awam dan semisal mereka yaitu sujud kepada syaikh mereka, bisa jadi mereka ahli hadits’, maka hukumnya haram dengan ijma’ kaum muslimin.” (Al-Majmu’ 2/79).”

Five Vi Bercadar. Foto: Suara

“Adapun sujud kepada manusia untuk ibadah jelas hukumnya syirik yang bisa mengeluarkan dari Islam. Ibnu Hajar Al-Haitami berkata, “Di antaranya (pembatal keislaman) adalah yang dilakukan oleh kebanyakan orang yang bodoh yaitu sujud kepada syaikh mereka dengan tujuan ibadah atau taqarrub. Apabila tujuannya untuk memuliakan atau tidak jelas tujuannya, hukumnya tidak kafir akan tetapi hukumnya jelas haram.” (Al-I’lam bi Qawathi’il Islam),” tulisnya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close