Trending

Foto-foto perjuangan belajar online, cari sinyal sampai tengah makam

Jangan pernah membayangkan belajar online itu enak seperti yang dialami bocah di Jakarta, nyaris tak butuh perjuangan. Sinyal mudah tak harus keluar rumah. Gadget pun tersedia dan memadai.

Belajar online memang memunculkan banyak masalah, terutama untuk anak-anak dan guru yang berada di pelosok. Mereka susah mengakses jaringan internet. Kalau pun ada, mereka harus ke atas bukit atau ke tengah tanah lapang.

Sekeluarga kena corona, wanita ini bagikan cerita 11 hari di Wisma Atlet

Contoh saja, anak-anak di Dusun Randurejo di Desa Marmoyo dan Dusun Ngapus di Desa Sumberaji, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Dua desa itu berada di wilayah hutan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Lamongan dan Bojonegoro.

Kantor berita Antara membuat foto cerita, bagaimana bocah-bocah dua desa itu berjuang mencari sinyal untuk bisa terus belajar. Memang, ada akses internet menggunakan WiFi di kantor kepala desa dan beberapa sekolah. Tapi itu tidak cukup.

Beberapa keluarga mampu yang dermawan, menyediakan WiFi gratis. Mereka membolehkan anak-anak terpencil yang tak punya akses internet belajar di rumahnya. Anak-anak pun senang bisa mengakses pelajaran. Meski beberapa siswa bergantian ponsel karena orang tua tak mampu membelikan gadget.

Perjuangan belajar online sampai ke tengah makam

Ada juga cerita pilu perjuangan belajar online lainnya. Bocah-bocah yang jauh ke mana-mana, tetap belajar dengan mencari sinyal ke tempat tak terduga. “Di rumah tidak ada sinyal, terpaksa kalau belajar di makam. Di sini sinyal bagus, bisa 4G,” kata Salsabila Dwi Azizah. 

Makam di kampung itu umumnya lebih tinggi dibandingkan pemukiman penduduk. Jadi memungkinkan mendapatkan sinyal lebih baik dibandingkan pemukiman penduduk.

Surati Kepala SDN Sumberaji 2, mengakui adanya kendala sinyal saat kegiatan belajar secara daring. Kondisi itu, membuat pihak sekolah untuk memberi kelonggaran kepada anak-anak didiknya dalam mengerjakan tugas. Semisal tugas yang diberikan guru pada hari ini, bisa dikumpulkan keesokan harinya. 

Selain itu, pihak sekolah memfasilitasi guru mendatangi siswa ke rumah khusus kelas 1 dan kelas 2, untuk memberikan tugas dengan protokol kesehatan. Setelah itu, anak-anak diberikan waktu untuk mengerjakan tugas yang telah diberikan bersama orang tuanya di rumah.

Berikut foto-fotonya:

Peralatan belajar serta gawai milik salah seorang siswa yang digunakan untuk belajar daring di Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.
Peralatan belajar serta gawai milik salah seorang siswa yang digunakan untuk belajar daring di Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Foto: Antara
Siswa mencari sinyal di Dusun Randurejo, Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Jombang, Jatim.
Siswa mencari sinyal di Dusun Randurejo, Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Jombang, Jatim. Foto: Antara
Seorang siswa berangkat ke rumah pintar di Dusun Randurejo, Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.
Seorang siswa berangkat ke rumah pintar di Dusun Randurejo, Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Foto: Antara
Sejumlah siswa SDN Marmoyo, mengerjakan tugas dengan berkelompok menggunakan gawai secara bergantian di rumah warga Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.
Sejumlah siswa SDN Marmoyo, mengerjakan tugas dengan berkelompok menggunakan gawai secara bergantian di rumah warga Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Foto: Antara
Antena untuk menangkap sinyal wifi terpasang di desa Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.
Antena untuk menangkap sinyal wifi terpasang di desa Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Foto: Antara
Sejumlah siswa SDN Marmoyo, mengerjakan tugas dengan berkelompok menggunakan gawai secara bergantian di rumah warga Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang.
Sejumlah siswa SDN Marmoyo, mengerjakan tugas dengan berkelompok menggunakan gawai secara bergantian di rumah warga Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang. Foto: Antara
Sejumlah siswa kelas 6 SDN Sumberaji 2 mengerjakan tugas pelajaran sekolah secara daring atau online di kawasan makam Dusun Ngapus, Desa Sumberaji, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Foto: Antara
Sejumlah siswa kelas 6 SDN Sumberaji 2 mengerjakan tugas pelajaran sekolah secara daring atau online di kawasan makam Dusun Ngapus, Desa Sumberaji, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Foto: Antara

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close