Hot

Fotokopi KTP jadi syarat vaksinasi, Tretan Muslim kesal: Kok masih harus? Ini kan pandemi, darurat woy!

Komika Tretan Muslim kembali meributkan soal administratif di Indonesia. Usai sebelumnya ia mengeluhkan ribetnya saat urus KTP, kali ini Muslim menyoroti soal birokrasi saat proses vaksinasi.

Hal itu terlihat dari cuitannya di Twitter, yang merespons kicauan seorang penulis, Soe Tjen Marching, yang menyoroti ribetnya birokrasi saat vaksinasi.

Seharusnya bila ada yg datang untuk divaksin, jangan dipersukar dengan birokrasi. Keadaan sudah gawat. Bila surat identitas hilang, dulukan keselamatan warga. PRT kakak saya membawa KTP lama (KTP baru hilang) tp ditolak. Tak lama kmdn dia tertular Covid dari suaminya & meninggal,” tulis Soe Tjen Marching dikutip Jumat, 23 Juli 2021.

Ilustrasi Vaksinasi. Foto: Homecare24
Ilustrasi Vaksinasi. Foto: Homecare24

Rupanya, dari tulisan tersebut, banyak warganet yang mengeluhkan hal yang sama. Bahkan, sejumlah warganet mengeluhkan ribetnya birokrasi saat vaksinasi yang mengharuskan membawa fotocopy KTP.

Kemarin ibu saya 63th, bude 65th, pakde 72th datang untuk vaksin, sudah screening, isi form, pas mau suntik disuruh pulang lagi gara-gara gak bawa fotocopy KTP, padahal bawa KTP asli, sudah minta tolong ngomong baik-baik tetap ditolak suruh pulang karena sudah jam lima. Yang bikin sedih banget, ini loh lansia sudah antri dari jam 3, cuma perkara fotocopy KTP aja gak bisa, padahal sudah bawa KTP asli. Jadi ya sampe sekarang belum vaksin,” curhat salah satu warganet dengan akun @amirawulan.

Selain itu, ada juga warganet lain yang mengeluhkan hal serupa. “Kemarin ga bawa fotokopi KTP ditolak, karena harus antre dari pagi belum ada tukang fotokopi yang buka, mereka beralasan ‘kami juga perlu datanya’ dan udah nulis formulir juga,” tulis akun @indya_iga.

Tretan Muslim. Foto: Instagram @tretanmuslim
Tretan Muslim. Foto: Instagram @tretanmuslim

Melihat curhatan sejumlah warganet yang kesulitan dapat vaksin karena urusan sepele, yakni fotokopi KTP, Tretan Muslim pun geram. Komika asal Madura tersebut heran dengan kebiasaan birokrasi Indonesia yang kerap meminta fotokopi data diri, yang masih dipakai, padahal saat ini kondisinya sedang darurat pandemi.

Sambil mencolek akun Twitter Kemenkes, Muslim juga meminta birokrasi yang demikian jangan dipakai dulu saat pandemi seperti ini.

Baca reply banyak yg gabisa vaksin krn ga bawa fotocopy KTP, maksudnya ini kan pandemi, darurat, bahaya, DARURAT, DARURATTT WOYYYYY, KOQ MASIH HARUS FOTOCOPY YA HALOO @KemenkesRI tolong ciri khas birokrasi indo fotocopy2 jangan dipake dulu,” kata Tretan Muslim kesal.

Tretan Muslim pun dalam cuitan-cuitan selanjutnya nampak heran dan kesal mengapa saat ini birokrasi di Indonesia tetap berbelit-belit, bahkan untuk urusan yang mendesak dan darurat seperti vaksinasi.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close