Trending

FPI umumkan Habib Rizieq siap pulang, Wakil Ketua MPR: Belum tentu berani

Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid turut angkat bicara mengenai rencana ke-pulang-an Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab ke Indonesia. Menurut dia, tak mengapa dia kembali ke Tanah Air, namun diharap tidak untuk membuat kegaduhan.

Hal itu dia sampaikan, lantaran FPI sebelumnya menyerukan kalau Habib Rizieq bakal pulang ke Indonesia untuk memimpin revolusi. Kata revolusi inilah yang kemudian dia soroti sebagai aksi yang tak dibenarkan.

Baca juga: Soal penangkapan tokoh KAMI, Polri: Ngeri baca WA-nya, pantas anarkis

“Untuk pulang ke Indonesia saja belum tentu berani, apalagi mau mimpin revolusi,” kata Jazilul ke wartawan, Selasa 13 Oktober 2020.

Menurut Wakil Ketua Umum PKB ini, tak masalah sebenarnya Habib Rizieq Shihab untuk pulang. Sebab, sebagai warga negara dia berhak mendapat perlindungan jika masih berstatus WNI. Akan tetapi, rencana revolusi yang didengungkan FPI itulah yang dianggap kelewatan.

Front Pembela Islam. Foto: Dok Antara.
Front Pembela Islam. Foto: Dok Antara.

Sebab, revolusi adalah bagian dari bentuk makar. Maka, katanya, disitat Haluan, dia meminta Habib Rizieq tidak membuat perkara yang kemudian berurusan dengan hukum.

“Cukuplah, jangan bertindak aneh. Nanti akan berhadapan lagi dengan konstitusi dan hukum. Revolusi itu makar, apalagi menggunakan massa dan kekerasan.”

Habib Rizieq segera pulang

Sementara itu, Ketua Umum FPI Ahmad Shabri Lubis dalam keterangan resminya menyatakan jika Habib Rizieq Shihab memang akan kembali ke Tanah Air. Hal itu dia umumkan di tengah-tengah massa pendemo aksi 1310 di Patung Kuda, Selasa kemarin, 13 Oktober 2020.

Menurut Shabri Lubis, Habib Rizieq Shihab sudah dicabut cekalnya oleh Arab Saudi. Sehingga ia sudah bisa pulang ke Indonesia setelah melalui proses perundingan panjang antara pihak Habib Rizieq dan otoritas Arab Saudi.

Keterangan lanjutan juga disampaikan Sekretaris Umum DPP FPI Munarman. Kata dia, kepulangan Habib Rizieq Shihab dari Arab Saudi ke Indonesia adalah untuk memimpin revolusi. Yaitu, revolusi menyelamatkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Habib Rizieq Shihab, salah satu pemuka agama yang pernah dipenjara
Habib Rizieq Shihab, salah satu pemuka agama yang pernah dipenjara Foto: Suara

“Insya Allah, IB (Imam Besar)-HRS akan segera pulang ke Indonesia untuk memimpin revolusi selamatkan NKRI,” kata Munarman dalam keterangan tertulisnya.

“Alhamdulillah, baru saja kami mendapatkan informasi penting dari kota suci Makkah terkait rencana kepulangan IB-HRS. Setelah melalui proses perundingan panjang antara IB-HRS dan otoritas Saudi Arabia tanpa bantuan rezim Indonesia. Akhirnya, terdapat kejelasan dan titik terang mengenai kepulangan IB-HRS,” kata Munarman.

Kemudian, Munarman melanjutkan IB-HRS secara resmi sudah dicabut cekalnya dan sudah dibebaskan dari denda apa pun karena IB-HRS tidak bersalah. Selanjutnya, IB-HRS menunggu proses administrasi bayan safar (Exit Permit) dan pembelian tiket serta penjadwalan untuk kepulangan ke Indonesia.

Dengan begitu, pihaknya menyampaikan terima kasih secara khusus kepada Pemerintah Saudi dan semua pihak yang telah ikut andil membantu IB-HRS termasuk semua umat yang selalu mendoakan beliau.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close