Hobi

Mengenal fungsi mobil listrik di wilayah bencana Indonesia

Peristiwa bencana alam yang banyak terjadi di beberapa wilayah Indonesia, berdampak pada warga setempat yang membutuhkan bantuan. Meski pemerintah dan organisasi kemanusiaan bergerak, salah satu fungsi mobil listrik ternyat miliki manfaat di wilayah bencana.

Keberadaan mobil listrik meski tak secara langsung berkontribusi besar pada korban bencana, namun salah satu keunggulan yang dimilikinya mampu membantu tenaga kemanusiaan yang tengah menangani para korban di wilayah bencana khususnya fasilitas penerangan.

Mitsubishi Outlander PHEV
Mitsubishi Outlander PHEV Foto: Mitsubishi

Salah satu mobil listrik yang diterjunkan ke wilayah bencana gempa di Majene Sulawesi Barat dan Area Jawa Barat contohnya. Pada wilayah ini Mitsubishi Outlander PHEV secara langsung mampu membantu petugas PMI dalam memberikan sistem pencahayaan di malam hari.

Daerah bencana yang terisolir tanpa adanya aliran listrik, membuat peran mobil listrik di wilayah bencana menjadi sumber tenaga listrik untuk pencahayaan gudang bantuan Palang Merah Indonesia dalam mendistribusikan beberapa kebutuhan bagi para korban bencana.    

“Dalam memaksimalkan tujuan kemanusiaan ini, saat ini kami terus memperluas kerjasama kami dengan berbagai organisasi kemanusiaan sehingga bantuan dapat dirasakan dan disalurkan langsung kepada para korban. Kami berharap kondisi di area bencana dapat segera membaik dan para korban serta tim yang bertugas dalam kondisi sehat dan aman,” Ungkap Naoya Nakamura, President Director of PT MMKSI.

Outlander PHEV
Outlander PHEV Foto: Doc MMKSI

Dalam mendistribusikan kendaraannya, MMKSI bekerjasama dengan berbagai institusi maupun organisasi kemanusiaan. Seperti halnya untuk model Outlander PHEV yang kembali memberikan kontribusinya untuk membantu tim Palang Merah Indonesia (PMI) yang saat ini sedang bersiaga dan membangun posko bantuan di area terdampak gempa di Mamuju & Majene, Sulawesi Barat. Unit ini kembali digunakan sebagai sumber tenaga listrik untuk penerangan di area Gudang bantuan darurat PMI yang belum ada pasokan penerangan.

Selain Outlander PHEV, MMKSI juga mengirimkan 1 (satu) unit TRITON Rescue Car ke area Majene yang juga terdampak oleh bencana banjir di Sulawesi Barat sebagai transportasi evakuasi maupun distribusi pertolongan lainnya. Untuk bantuan di area ini, MMKSI juga berkolaborasi dengan tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) di mana hingga saat ini masih terus bersiaga dan membantu Pemerintah setempat.

Untuk bencana di Pulau Jawa, MMKSI berkolaborasi dengan United Volunteer Otomotif (UVO) Peduli dengan mengirimkan 1 (satu) unit TRITON Rescue Car untuk membantu evakuasi dan menyalurkan bantuan di area Gunung Mas – Puncak yang terkena banjir badang yang dipicu oleh curah hujan yang sangat tinggi di area tersebut.

Mitsubishi Outlander PHEV
Mitsubishi Outlander PHEV suplai listrik di posko gunung Merapi Foto: MMKSI

Seluruh unit tanggap darurat tersebut akan terus siaga di area bencana hingga akhir Februari 2021 atau sampai seluruh kondisi di area terdampak kembali kondusif.

Seperti yang telah diketahui, MMKSI telah menyediakan model Outlander PHEV sebagai salah satu unit tanggap darurat PMI dan unit tersebut telah membantu dan mendukung kegiatan kemanusiaan PMI di berbagai daerah terutama dalam hal penyediaan tenaga listrik dan transportasi logistik. Begitu pula dengan model

Mitsubishi TRITON yang telah menjadi unit rescue dan telah banyak membantu transportasi logistik dan evakuasi korban bencana besar di Indonesia. Kedua model tersebut telah teruji mampu melintasi berbagai medan berat dan telah membantu berbagai kegiatan kemanusiaan di Indonesia.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close