Trending

Daftar pejabat sumbangkan gaji untuk rakyat kena Covid-19, anggota DPR dan bupati wakil bupati

Pejabat negara siap sumbangkan gaji kini bertambah. Kekinian Sekretaris Jenderal DPP PAN dan anggota DPR, Eddy Soeparno siap sumbangkan gaji penuh untuk membantu rakyat terdampak Covid-19.

Dalam pernyataanya, Eddy tak akan mengambil gajinya sebagai pimpinan komisi di DPR. Gajinya akan disumbangkan untuk meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19.

Gaji untuk rakyat terdampak Covid-19

Sekjend PAN, Eddy Soeparno
Sekjend PAN, Eddy Soeparno. Foto Twitter @eddy_soeparno

Eddy yang merupakan Wakil Ketua Komisi VII DPR mengatakan akan donasikan gajinya untuk masyarakat terdampak Covid-19. Pernyataan itu Eddy sampaikan di cuitan akun media sosialnya.

“Insya Allah gaji saya sebagai Anggota DPR RI akan diserahkan seluruhnya untuk membantu saudara saudara kita yang terdampak Pandemi Covid-19. Mohon doa semoga ikhtiar ini bisa meringankan beban mereka yang membutuhkan bantuan,” tulis Eddy di Twitter dikutip Senin 19 Juli 2021.

Beberapa hari lalu, Eddy pun mengusulkan agar pejabat turun tangan membantu isolasi mandiri lantaran rumah sakit penuh untuk merawat pasien Covid-19.

Eddy mengusulkan rumah dinas anggota DPR dipakai untuk isolasi mandiri masyarakat. Alasannya rumah dinas anggota DPR punya sejumlah fasilitas yang bagus untuk isoman.

Selain merupakan hunian yang layak dan memiliki fasilitas relatif lengkap, pemantauan terhadap warga yang terpapar juga mudah dilakukan, karena keberadaannya di sebuah kompleks yang menyatu,” jelasnya.

Kompleks DPR memang tidak semua digunakan oleh anggota. Walau ada yang menggunakannya, menurut Eddy anggota dewan bisa mencari alternatif tempat tinggal lain jika rumah dinas digunakan sebagai tempat isoman pasien COVID-19.

“Rata-rata anggota DPR memiliki alternatif atau pilihan untuk pindah dan tinggal di tempat lain atau kembali ke dapilnya. Sementara warga belum tentu memiliki pilihan untuk tinggal ditempat selain rumahnya,” katanya.

Bupati sedekahkan gaji

Bupati dan Wakil Bupati Lumajang
Bupati dan Wakil Bupati Lumajang cek beras bantuan PPKM Darurat. Foto Instagram @lumajang_kab

Langkah politikus PAN ini menyusul pula komitmen Bupati dan Wakil Bupati Lumajang yang siap menyumbangkan gaji penuhnya untuk program bantuan beras bagi masyarakat terdampak PPKM Darurat di masa Covid-19.

Bupati Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Lumajang Indah menyerahkan gajinya kepada forum zakat selama PPKM Darurat untuk tambahan beras untuk masyarakat terdampak PPKM Darurat.

“Jadi, selama PPKM Darurat gaji kami sepenuhnya untuk beli beras, kemudian disalurkan kepada masyarakat yang terdampak karena PPKM Darurat, terutama bagi pekerja dengan hasil harian yang tidak sesuai dengan harapan,” ungkap Cak Thoriq dikutip dari laman Pemkab Jember, Minggu 18 Juli 2021.

Bukan cuma itu saja, Cak Thoriq meminta kepada ASN di lingkungan Kabupaten Lumajang untuk membantu masyarakat terdampak PPKM Darurat melalui Gerakan Forum Zakat Peduli. Cak Thoriq mengatakan teknisnya nanti perangkat daerah masing-masing akan mengumpulkan bantuan dari ASN. Bantuan tambahan dari ASN ini dipakai untuk penambakan bantuan sembako.

“Saya dan Bunda (Wakil Bupati) akan meminta sukarelanya ASN untuk ikut membantu program ini bersama. Untuk teman-teman yang ingin membantu, kami akan dengan senang hati menerima donasi dari masyarakat,” kata Cak Thoriq.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close