Trending

Hari ini ganjil-genap Jakarta ditiadakan, sampai dua pekan ke depan

Mulai hari ini, Senin 16 Maret 2020, sistem ganjil-genap kendaraan pribadi di Jakarta ditiadakan. Rencananya, aturan ini akan berlaku hingga dua pekan ke depan.

Apa sih arti istilah lock down?

Seperti dikutip Antara, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Sambodo Purnomo Condro mengatakan, ganjil-genap Jakarta ditiadakan untuk menghindari dan mencegah penularan infeksi penyakit saluran pernapasan COVID-19 yang disebabkan virus corona baru SARS CoV-2.

“Resmi ditunda,” katanya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga menyampaikan peniadaan kebijakan ganjil genap di seluruh kawasan Jakarta.

“Kita menghapuskan dan mencabut kebijakan ganjil genap di seluruh kawasan Jakarta sehingga masyarakat bisa memilih moda transportasi yang minim menularkan (COVID-19). Kita cabut sementara serta akan kembali diberlakukan ketika kondisi sudah dalam kontrol kita,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, Minggu.

Pemprov DKI Jakarta meminta masyarakat untuk tidak menggunakan transportasi umum dan menganjurkan masyarakat menggunakan kendaraan pribadi saat COVID-19 merebak di Indonesia. Masyarakat tetap boleh menggunakan transportasi umum, namun diharapkan tetap waspada.

Sebelumnya ganjil-genap pernah ditiadakan saat banjir melanda Jakarta pada akhir Februari. Saat itu, pada Selasa 25 Februari, banjir mulai besar terjadi di sejumlah wilayah di Jakarta sejak Selasa pagi. Hujan deras membuat sejumlah wilayah tergenang seperti di Jalan Gatot Subroto di Jakarta Selatan dan Jalan Jendral Sudirman di Jakarta Pusat.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close