Trending

Gas terus! Polri pamer pencapaian tangkapan pinjol ilegal, Jokowi auto puas?

Kepala Badan Reserse Kriminal Polri (Kabareskrim) Komisari Jenderal (Komjen) Pol Agus Andrianto membeberkan data-data hasil tangkapan Polri belakangan ini terhadap sindikat pinjaman online (pinjol) ilegal.

Seajuh ini, Komjen Agus mengklaim setidaknya sudah mengungkap 13 kasus terkait pinjol ilegal yang tersebar di beragai daerah di Indonesia. Kemudian ada 57 orang di seluruh wilayah Indonesia yang ditetapkan sebagai tersangka.

Pihaknya menjelaskan, pengungkapan perusahaan pinjol ilegal tersebut dilakukan oleh Bareskrim Polri, Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Kalimantan Barat hingga Polda Jawa Tengah.

“Sesuai dengan instruksi bapak Presiden melalui bapak Kapolri, kita sudah mengungkap 13 kasus dengan 57 tersangka yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” kata Agus dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Kemenko Polhukam RI, pada Jumat, 22 Oktober 2021.

Suasana ruang kerja jasa pinjaman online (pinjol) oleh Ditreskrimsus Polda Metro Jaya di Cipondoh, Tangerang, Banten, Kamis (14/10/2021). Dalam penggerebekan tersebut polisi mengamankan 56 karyawan yang bekerja di bagian penawaran hingga penagihan. Foto: Antara
Suasana ruang kerja jasa pinjaman online (pinjol) oleh Ditreskrimsus Polda Metro Jaya di Cipondoh, Tangerang, Banten, Kamis (14/10/2021). Dalam penggerebekan tersebut polisi mengamankan 56 karyawan yang bekerja di bagian penawaran hingga penagihan. Foto: Antara

Sementara terkait perkembangan kasus ini, pihak kepolisian sejauh ini masih melakukan berbagai analisis.

Komjen Agus menegaskan, nantinya hasil dari analisis itu bakal diserahkan kepada seluruh wilayah supaya pelaku-pelaku usaha pinjol ilegal lainnya bisa turut ditindak.

Tindakan tersebut diambil lantaran pinjol ilegal sudah dinyatakan pemerintah tidak memenuhi unsur keperdataan baik secara objektif maupun subjektif.

“Artinya, kepada mereka tindakan mereka adalah tindakan-tindakan ilegal, sehingga ini perlu kita lakukan tindakan,” ujar Komjen Agus.

Ilustrasi pinjaman online (pinjol). Foto: Maucash
Ilustrasi pinjaman online (pinjol). Foto: Maucash

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Presiden Jokowi meminta agar sejumlah pihak menindak tegas segala tindakan yang berkaitan dengan pinjaman online (pinjol) ilegal.

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Listyo Sigit Prabowo pun meminta agar jajarannya segera menangkap segala perusahaan yang terindikasi kerja sama dengan perusahaan pinjol ilegal, di antaranya ada perusahaan jasa penagih utang.

Sementara, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan arahan Jokowi tersebut menyusul banyaknya pinjaman online ilegal.

“Mengingat banyak sekali penyalahgunaan atau tindak pidana di dalam ruang pinjaman online, maka bapak presiden memberikan arahan yang sangat tegas tadi,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate usai mengikuti rapat terbatas secara internal di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (15/10/2021).

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close