Trending

Soal takut jadi capres 2024, Gatot Nurmantyo: Saya tak mungkin oposisi!

Mantan Panglima TNI Jenderal purnawirawan Gatot Nurmantyo mengaku sudah ditembak untuk menjadi capres pada 2024. Namun dia nggak mau siapa tokoh yang mendesaknya untuk menjadi capres

Gatot mengatakan sikap dia saat ini tidak memikirkan Pilpres 2024, tapi konsentrasi bagaimana masyarakat Indonesia saat ini bisa bersatu dulu menyelesaikan masalah bangsa.

Takut jadi capres 2024?

Gatot Nurmantyo
Gatot Nurmantyo. Doc. Antara

Gatot mengungkapkan alasan kenapa dia belum mau fokus mikir 2024, sebab dia melihat bangsa Indonesia ini belum bersatu untuk menyelesaikan masalah bangsa.

Dia mengulas kembali pidatonya pada Maret 2014 di depan ribuan mahasiswa Universitas Indonesia bicara soal proxy war dan Oktober 2017 di Istana Negara bicara soal perang biologi.

Ternyata apa yang dibicarakan dalam dua forum itu kejadian di masa setelahnya lho.

“Jadi dari dua poin itu saja jadi khawatir dengan kondisi bangsa ini apalagi tidak bersatu. Kalau tidak bersama sama epidemi sendiri ekonomi sendiri, tidak sepantasnya saya memikirkan 2024, yang penting selamatkan bangsa dulu. Baru setelah itu kita mikir ke sana,” ujarnya dalam wawancara khusus di tvOne, dikuti Jumat 11 Juni 2021.

Untuk bicata maju capres 2024, Gatot mengaku belum bisa saat ini. Sebab tegasnya kondisi bangsa masih fokus menyelesaikan masalah pandemi dan ekonomi di masa Covid-19.

Gatot membantah takut nggak bisa menyelesaikan masalah bangsa di tengah pandemi ini. Dia mengatakan nggak bagus juga kalau di tengah Covid-19 bangsa belum bangkit kok malah ambisi capres.

“Bukan itu (takut) saya konsentrasi di sini dulu. Ngapain sekarang ini (bicara capres)” jelasnya.

Ditembak jadi capres

Presiden Jokowi dan Panglima TNI Gatot Nurmantyo
Presiden Jokowi dan Panglima TNI Gatot Nurmantyo pada 2016. Foto paskhas.mil.id

Namun demikian, Gatot mengungkapkan dia sudah ditembak untuk maju jadi capres 2024 lho. Tapi Gatot nggak mau buka identitas siapa yang menembaknya jadi capres.

“Ya ada permintaan supaya jangan diinformasikan ke siapapun juga (yang nembak jadi capres). Mari kta lihat situasinya, saya belum (mikir) 2024,” kata dia.

Gatot juga merespons elektabilitasnya sebagai capres 2024 paling favorit dari tokoh oposisi. Menurut mantan Panglima TNI itu, dia nggak mungkinlah jadi oposisi sebab dia adalah mantan pejabat.

Memang dia menyampaikan beberapa masukan dan kritikan, namun Gatot ogah menyebut dirinya sebagai oposisi.

“Saya pribadi tak mungkinlah sebagai mantan pejabat di pemerintah ini, saya oposisi. Tapi saya berikan fakta yang kadang menyakitkan oleh tim saya yang terdiri dari profesor. Jadi saya belum mengambil keputusan untuk itu (capres 2024)” tuturnya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close