Trending

Gebrakan Ridwan Kamil yang bikin elektabilitasnya melambung jauh

Baru-baru ini, lembaga survey Indikator merilis daftar elektabilitas tokoh publik di tengah pandemi corona. Berdasarkan data yang dimuat per Mei 2020, Gubernur Jawa Barat, Ridwal Kamil tampil meroket dengan mencatat pertumbuhan angka hingga dua kali lipat.

Pada Februari lalu, atau sebelum adanya pandemi, pria yang karib disapa Emil itu berada di angka 3,8 persen. Namun kini, elektabilitasnya naik menjadi 7,7 persen. Pertumbuhan tersebut menjadi yang terbaik dibandingkan kepala daerah lainnya.

Baca juga: Rizal Ramli vs Luhut Pandjaitan tiru debat capres AS, memang beda formatnya

Pergerakkan angka elektoral di bulan Mei itu kurang lebihnya dipengaruhi kinerja sang gubernur dalam penanganan corona atau covid-19 di Jawa Barat. Sebab, disitat dari laman Jabarprov.go.id, penambahan kasus positif corona di sana lambat laun mulai menurun, sedang angka kesembuhan justru meningkat drastis.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Darmawan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Darmawan

Gebrakan Ridwan Kamil terkait corona bisa dikatakan juara. Selain mengadakan pengecekan rutin pada warga, ia juga mampu mendistribusikan bantuan sosial dengan baik. Di luar itu, mantan Wali Kota Bandung tersebut dinilai mampu memanfaatkan platform digital sebagai medium pelaporan maupun pemantauan warga setempat yang terdampak.

Salah satunya yakni membuat aplikasi Pikobar untuk perangkat ponsel pintar. Sehingga, warga yang ingin mengikuti rapid test, tak perlu bingung harus lapor ke mana. Mereka tinggal mengunduh aplikasi, dan mengisi berbagai data yang dibutuhkan. Emil mengaku, cara tersebut efektif diterapkan di wilayah berpenduduk besar.

Selain itu, ia juga dinilai mampu melaksanakan aksi inovatif-kolaboratif dengan menggandeng banyak perusahaan lokal terkait penyediaan alat kesehatan. Misalnya, PT Pindad asal Bandung yang dipercaya membuat ventilator, PCR disediakan Bio Farma, serta perlengkapan rapid test dengan tingkat akurasi 90 persen yang juga diproduksi perusahaan setempat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Darmawan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Darmawan

Sederet gebrakan Ridwan Kamil di Jawa Barat itu dinilai berhasil hingga membuat angka elektoralnya melambung jauh. Kini, dirinya berada di posisi empat dalam daftar tokoh publik yang difavoritkan mengisi jabatan presiden pada periode 2024-2029 nanti. Ia hanya kalah dari Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan juga Anies Baswedan.

Banyak gebrakan, Ridwan Kamil tak jumawa

Meski banyak pihak puas dengan kinerjanya, namun Emil memilih tak jumawa. Ia mengaku, selama ini bekerja bukan untuk mendapat pujian. Sebab, menurutnya semua yang ia lakukan dalam upaya menangani corona di Jabar, berdasarkan ilmu dan Gugus Tugas.

“Bekerja itu jangan cari pujian niatnya, bekerja itu jangan harap ada apresiasi yang penting kita ini bekerja karena kebutuhan, itulah Gugus Tugas Jabar selalu pakai ilmu dan nanya dulu ke ilmuwan ekonomi dan kesehatan dalam menghitung zona kuning ke zona biru, itu sembilan indeks paling ketat gitu,” ujarnya, dikutip Kumparan.

“Kalau hasilnya menggembirakan, maka berarti hasil tidak membohongi proses,” tambahnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Darmawan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Darmawan

Emil juga menegaskan, dirinya tak mempersoalkan, apakah elektabilitasnya naik atau turun selama menangani pandemi. Dia hanya ingin supaya 50 juta warga Jabar bisa selamat dan terlindungi dari virus mematikan tersebut.

“Kalau ada apresiasi dihubungkan ke politik seperti tadi elektabilitas, saya juga tidak bisa menghindari, kecuali mungkin mudah-mudahan itu adalah sebuah hal yang faktual. Jadi, bagi saya elektabilitas naik-turun bukan tujuan karena konsentrasi kita ini fokus menyelamatkan 50 juta warga Jabar. Lain-lain hanya sekunder,” kata dia. (hsp)

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close