Hot

Gegara kasus plat mobil RFS, Rachel Vennya terancam 2 bulan penjara

Belum selesai kasus kabur karantina, Rachel Vennya sudah membuat kasus lainnya yaitu soal plat mobil RFS. Kasus terbaru ini muncul usai Rachel menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya. Selebgram tersebut kedapatan pulang dengan menaiki mobil berplat nomor B 139 RFS di mobil yang tak seharusnya.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan Rachel Vennya dapat terjerat Undang-Undang yang mengatur tentang lalu lintas. Ancaman dalam UU tersebut adalah denda sejumlah uang atau kurungan penjara.

Muslima Fest

“Ini hanya tilang ya (pasalnya) denda Rp 500 ribu atau kurungan 2 bulan,” kata Sambodo ditemui di kantornya di Pancoran, Jakarta Selatan oleh jaringan Hops.id-Matamata.com, Senin (25/10/2021).

Pihak kepolisian telah menelusuri plat nomor tersebut. Ternyata, plat B 139 RFS itu tidak dipasang di kendaran yang seharusnya. Dalam STNK, nomor polisi tersebut tertulis untuk mobil Toyota Alphard berwarna putih metalik sedangkan mobil yang dinaiki ibu satu anak itu berwarna hitam.

“Kita akan lihat pelanggarannya seperti apa. Apa memang kendaraannya sudah berganti warna namun belum diubah di STNK-nya, atau memang STNK itu ditempelkan di kendaraan yang lain tidak sesuai dengan peruntukannya,” tuturnya.

Data mobil plat RFS yang digunakan Rachel Vennya. Foto: Instagram
Data mobil plat RFS yang digunakan Rachel Vennya. Foto: Instagram

Oleh karena itu, polisi belum bisa menentukan sanksi apa yang bakal diterima oleh kekasih Salim Nauderer itu. Pasalnya, Kasubdit Gakum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Argo Wiyono memanggil Rachel Vennya terkait penggunaan nomor polisi berkode RFS itu pada hari ini, Senin (25/10). Namun yang bersangkutan tak bisa hadir dan akan kembali dipanggil besok, Selasa (26/10).

Adam Deni sindir Rachel Vennya pakai mobil plat RFS, polisi bilang gini

Sebelumnya, penggiat media sosial, Adam Deni menyindir Rachel Vennya dengan plat mobil yang digunakannya. Hal tersebut lantaran plat RFS merupakan plat khusus yang diperuntukkan bagi pejabat sipil negara setingkat direktur jenderal di kementerian.

“Doi selebgram apa PEJABAT sih? Hebat bener dapet plat RFS uhuyyyy,” tutur Adam Deni di Instagram pada Selasa, 21 Oktober 2021.

Mengenai plat RFS yang disebut untuk pejabat saja, Sambodo turut mengklarifikasi. Menurutnya, warga sipil juga bisa memiliki dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Adam Deni, Rachel Vennya. Foto: Instagram
Adam Deni, Rachel Vennya. Foto: Instagram

“Ada namanya perkap 3 2012 yg mengatur tentang penggunanan STNK kuhusus dan STNK rahasia, itu ada aturannya salah satunya RFS itu untuk pejabat sipil, di data kita, RFS pejabat sipil itu 4 angka. Kalau 2,3 angka itu boleh dimiliki warga sipil,” bebernya.

Namun perlu diperhatikan bahwa pembayaran pajaknya berbeda jika memakai plat RFS dengan 3 angka. “Tarifnya, 3 angka itu Rp 7,5 juta dan itu dibayarkan ke kas negara,” pungkasnya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close