Sport

Gegara podium di Andalusia Rossi ogah pensiun, tapi tanpa Marquez

Karir Valentino Rossi yang tak diperpanjang kontraknya oleh tim Yamaha Monster Energy mengharuskan dirinya bergabung dengan tim Petronas Yamaha. Dalam keputusannya tersebut Rossi sempat memutuskan untuk pensiun dari MotoGP, dan mengakhiri karirnya sebagai pembalap profesional.

Hal tersebut diungkap langsung ayah Rossi, Graziano Rossi, yang mengaku bahwa anaknya memang sempat memiliki keinginan menanggalkan wearpack balapnya di MotoGP. Namun keputusan tersebut berubah cepat.

Graziano menjelaskan perubahan niat anaknya tersebut, setelah Rossi yakin masih mampu tampil maksimal sebagai pembalap profesional di MotoGP. Kemenangan di Andalusia  menjadi penyemangat Rossi untuk tetap bertahan di MotoGP.

Valentino Rossi saat di lintasan balap
Valentino Rossi saat dilintasan balap Foto: Crash.net

Kemampuan Rossi menghadapi para pembalap muda masih terbukti memiliki taji yang cukup besar. Memulai balapan pada posisi start keempat, Rossi mampu meraih podium. Dalam balapan pun pembalap berjulukan VR46 ini sempat berada di posisi kedua di balapan Andalusia 2020.

Sayangnya tekanan dari pembalap muda yang tak lain rekan satu timnya Maverick Vinales membuat Rossi harus turun dan puas di posisi ketiga hingga akhir balapan. Pencapaian ini menjadi awal yang baik bagi Rossi setelah dirinya mengungkap akan pensiun.

Podium ini juga menjadi yang pertama bagi Rossi setelah podium terakhirnya yang pernah diraihnya tahun lalu di MotoGP Amerika Serikat. Sekaligus menjawab banyak keraguan dari para pecinta balapan bergengsi ini terhadap potensi Rossi sebagai pembalap populer yang pernah disandangnya.

Valentino Rossi di atas tunggangannya Yamaha M1
Valentino Rossi pembalap Monster Energy Yamaha Foto: MotoGP

Bukan sekali Rossi ingin pensiun

Pembalap Valentino Rossi pernah mengungkap rencana pensiunnya di usia 32 tahun ketika dirinya masih berusia 28 tahun saat masih bergabung dengan tim Yamaha.

Rencana pensiun tersebut diungkapkan Rossi dalam acara Yamaha Day tahunan pabrik yang diselenggarakan di Misano, Jepang 2008. Kala itu Rossi mengungkap akan mengakhiri karir balapnya dalam empat tahun kedepan.

Ungkapannya tersebut juga sebagai rencana, Rossi yang akan mengakhiri kontraknya bersama tim Yamaha. Ungkapan rencana tersebut, diperkirakan sebagai target Rossi yang akan meninggalkan tim Yamaha yang telah dibelanya dan akan mencari tim lain.

Marc Marquez saat cornering di lintasan MotoGP
Marc Marquez saat melakukan cornering di lintasan MotoGP Foto: Crash.net

Kemenangan Rossi tanpa Marcquez

Valentino Rossi yang tengah menggebu-gebu semangatnya untuk tetap bertahan di MotoGP dari kemenangannya di Andalusia minggu kemarin, menjadi catatan dari perjalanan balapnya di sirkuit Andalusia 2020.

Dalam balapan tersebut, Rossi menjadi pembalap yang finish ketiga dan berhasil naik ke podium.  Namun penting untuk dicatat, kemampuan Rossi raih podium ini tanpa adanya pesaing terberatnya dan juga bagi pembalap lain yakni Marquez.

Marquez yang tak tampil di balapan karen kembali mengalami cidera menjadi jalan mulus bagi Valentino Rossi meraih podium. Secara kalkulasi, keberhasilan yang diraih tanpa tantangan yang diberikan Marc Marquez karena tidak tampil dalam balapan tersebut.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close