Fit

Gejala Efusi Pleura yang diidap istri Indra Bekti mirip covid-19

Efusi Pleura merupakan penyakit paru-paru penumpukan cairan di ruang antara paru-paru dan rongga dada.

Istri Indra Bekti, Aldila Jelita sudah diperbolehkan pulang setelah sepekan menginap di rumah sakit dan sempat dilarikan ke Unit Gawat Darurat (UGD).

Dila dirawat karena mengidap Efusi Pleura, yang berdampak pada paru-parunya. Selama satu minggu, Aldila harus mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Mayapada, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Baca juga: Tak gengsi, 5 artis pakai BPJS saat sakit kronis terkini istri Indra Bekti

sejak awal Agustus 2020 Aldila sudah merasakan sesak napas. Bahkan ia sudah sempat dibawa ke dokter, namun tak juga ada peningkatan.

Ketika dibawa ke RS Mayapada, diketahui terdapat cairan di dalam paru-paru Dila. Kemudian selama di RS ia mendapatkan tindakan untuk mengeluarkan cairan sebanyak tiga kali.

Aldila Jelita istri Inndra Bekti
Aldila Jelita istri Inndra Bekti Photo: Instagram

“Dari awal Agustus Dhila agak sesek dan sempet ketemu dokter keluarga tapi ternyata masih sesek,” terang Indra Bekti dilansir laman Suara.

Lebih lanjut Indra menjelaskan bahwa Dilla telah mengeluarkan cairan paru-paru sebanyak 3 kali.

“Jadi ada cairan di dalam paru-paru Dhila, pertama 600cc, kedua 1 liter, ketiga 350 cc dan alhamdulillah hari ini udah boleh pulang,” katanya.

Gejala Efusi Pleura kerap dicurigai covid-19, di masa pandemi seperti sekarang karena mirip dengan Covid-19. Gejala tersebut di antaranya batuk kering, demam, sulit bernapas terutama saat berbaring, nyeri dada saat menarik dan membuang napas, hingga sesak napas. Namun yang dialami Dila berbeda. Lalu apa sih sebenarnya penyakit Efusi Pleura itu?

ilustrasi sakit jantung dan Takikardia
ilustrasi sakit jantung dan Takikardia Foto: Hackensack Meridian Health

Dilansir laman Medicalnewstoday, Efusi Pleura merupakan penumpukan cairan di ruang antara paru-paru dan rongga dada.

Ruang tersebut juga sering disebut dengan ruang Pleura. Penyakit ini juga biasa disebut dengan air di paru-paru.

Pleura sendiri dijelaskan, merupakan selaput tipis yang melapisi paru-paru dan rongga dada di dalam tubuh. Pada paru-paru yang sehat, selaput ini menyimpan cairan dengan jumlah kecil.

Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya gesekan saat paru-paru mengembang dan berkontraksi selama bernapas.

Baca juga: Sederet artis terpaksa jual mobil gegara bangkrut hingga sepi job

Sementara itu, orang yang mengalami Efusi Pleura akan memiliki terlalu banyak cairan di rongga Pleura. Kemudian orang dengan Efusi Pleura harus segera mendapatkan pertolongan medis, karena penyakit ini dapat mengancam apabila tidak ditangani dengan segera.

Penyakit Efusi Pleura bisa disebabkan oleh berbagai banyak hal lain. Misalnya penyakit ginjal, jantung, hingga gangguan autoimun, kanker, hingga emboli paru. Hal itu dapat menyebabkan paru-paru yang terkena Pleura menghasilkan lebih banyak cairan dari biasanya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close