Fit

Jangan kaget! BPOM: Penerima vaksin Sinovac akan alami gejala ini

Fatwa MUI yang telah menyatakan vaksin Sinovac halal menjadi kepastian bagi masyarakat untuk bisa menerima program vaksinasi covid-19 dari pemerintah. Sama halnya dengan BPOM yang menyatakan vaksin aman dan memiliki kemampuan menangkal virus covid-19 melalui antibody yang terdapat pada gejala vaksin Sinovac.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tak hanya menyatakan vaksin yang akan dibagikan pemerintah secara gratis pada masyarakat. Ternyata memiliki efek samping ringan yang bisa terjadi setelah seseorang menerima vaksin sinovac tersebut.

Ketua BPOM, Penny Lukito secara resmi telah mengeluarkan persetujuan penggunaan dalam kondisi emergency untuk vaksin covid-19 pada Senin 11 Januari 2021. Vaksin produksi Sinovac Biotech inch yang bekerjasama dengan PT Biofarma tersebut disebut aman untuk masyarakat.

Ilustrasi vaksin COVID-19. Foto: Dimitri Houtteman
Ilustrasi vaksin COVID-19. Foto: Dimitri Houtteman

Hal tersebut mengacu pada hasil analisi BPOM yang menyatakan efikasi vaksin mencapai 65,3 persen. Dengan kata lain, vaksin tersebut mampu membentuk antibody dalam tubuh yang bisa menangkal virus termasuk virus covid-19.

Kemampuan tersebut juga, diyakini mampu membunuh dan menetralkan virus di dalam tubuh penerima vaksin sinovac terhadap virus covid-19.

3 Gejala penerima vaksin Sinovac

Meski dinilai aman dan halal, penerima vaksin Sinovac diketahui tetap menimbulkan efek samping bagi penerimanya yang langsung bisa dirasakan setelah disuntik vaksin.

Seperti dikutip Hops.id melalui akun twitter Indonesia baik.id terdapat 6 gejala yang bisa timbul bagi penerima vaksin buatan sinovac tersebut. Namun ditegaskan seluruh gejala efek samping tersebut tidak berbahaya bagi penerima vaksin.

Gejala penerima vaksin Sinovac
Gejala penerima vaksin Sinovac Foto: twitter

Berikut efek samping ringan vaksin Sinovac:

Reaksi lokal

  1. Nyeri, dimana penerima vaksin akan merasakan beberapa kondisi nyeri di bagian tubuh sebagai proses pembentukan imun dari vaksin sinovac.
  2.  Kemerahan, bagi penerima vaksin akan timbul kemerahan pada kulit atas reaksi kerja dari vaksin dengan tubuh.  
  3. Bengkak, kondisi ini juga bisa terjadi pada penerima vaksin, dimana bagian tubuh bisa menimbulkan bengkak.

Reaksi sistemik

  1. Demam, kondisi demam merupakan efek dari kerja vaksin dan semua bisa terjadi di seluruh vaksin selain sinovac.
  2. Nyeri otot, bagian otot pada tubuh juga bisa menyebabkan adanya rasa nyeri.
  3. Badan lemas
  4. Sakit kepala

Reaksi lain

  1. Alergi
  2. Urtikaria
  3. Anafilaksis
  4. Syncape (pingsan)
Vaksin Covid-19 dari Sinovac
Vaksin Covid-19 dari Sinovac . Foto Instagram @siteanotabahia

Seluruh gejala yang diungkap BPOM tersebut merupakan gejala yang tidak berbahaya bagi penerima vaksin. Gejala tersebut bisa ditangani petugas kesehatan atau penerima vaksin langsung dengan cara melakukan kompres dingin di bagian terkena gejala. Selain itu, penerima vaksin bisa mengkonsumsi paracetamol.

Penanggulangan lain yakni penerima vaksin diharuskan minum air mineral lebih banyak, menggunakan pakaian yang nyaman, mandi dengan air hangat. Seluruh pencegahan tersebut bisa dilakukan secara mandiri sebagai penanganan gejala yang terjadi.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close