Trending

Gempa guncang Aceh dan Maluku Tengah dini hari tadi

Berdasarkan info BMKG, gempa bumi mengguncang dua wilayah di Indonesia dini hari tadi. Gempa melanda Aceh dan Maluku Tengah pada Rabu, 15 April 2020.

Guncangan lebih kencang dirasakan di wilayah Banda Aceh. Hingga pagi ini, belum ada kerusakan yang dilaporkan di kedua wilayah. Gempa di Aceh dan Maluku Tengah tidak berpotensi tsunami. Berikut detailnya.

Maluku Tengah

Guncangan gempabumi tektonik M 4.8 dirasakan oleh masyarakat Maluku Tengah seakan-akan ada truk yang melintas. Episenter gempa yang terjadi pukul 00:10:19 WIT itu berlokasi di darat 9 km Utara Elpaputih-MALTENG pada kedalaman 10 km.   

BMKG menjelaskan, dengan meneliti lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar lokal. Berdasarkan info dari masyarakat, gempa dirasakan di Amahai III-IV MMI, Masohi & Saparua III MMI, Ambon & Kairatu II MMI. Hingga pagi ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa bumi. Meski begitu, masyarakat diminta untuk menghindari bangunan yang rusak atau retak.

Ilustrasi gempa bumi. Foto: Ist.
Ilustrasi gempa bumi. Foto: Ist.

Aceh

Dini hari pukul 02.36 WIB, gempa bumi berskala M5,0 melanda Banda Aceh. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi tersebut memiliki parameter dengan magnitudo  M=5,0. Episenter gempabumi terletak di laut pada jarak 64 km BaratDaya Meulaboh-Aceh Barat pada kedalaman 41 km. Meski begitu, gempa tidak berpotensi tsunami.

Baca juga: Sama gawatnya dengan COVID-19, risiko radiasi nuklir Chernobyl

Gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia. Guncangan dirasakan di daerahBanda Aceh II MMI. Getaran membuat  benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Masyarakat diminta tetap tenang dan menghindari bangunan yang rusak akibat gempa. Selain itu, periksa kestabilan bangunan sebelum kembali ke rumah.  

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi. Masyarakat diminta untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak bisa dipastikan kebenarannya. Biar enggak termakan hoax, pastikan info resmi hanya melalui BMKG, ya. Instagram/Twitter @infoBMKG, website bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close