Otomotif

Meluncur tahun depan, generasi terbaru Nissan X-Trail bikin pangling

Produsen Nissan bersiap akan meluncurkan generasi terbaru dari X-Trail yang menurut rencana akan diluncurkan tahun depan. Produsen ini juga menjamin, generasi terbaru akan lebih keren dan bikin pangling konsumennya.

Dari gambar yang beredar, Nissan X-Trail memang memiliki ubahan tampilan yang sama sekali tidak meninggalkan gaya khas desain dari generasi sebelumnya. Kesan mengotak dan bulat tak lagi menjadi identitas X-Trail terbaru .

Dari ubahan tersebut, terlihat fasia depan mendapat gril berbentuk trapesium baru yang lebih besar dengan rana aktif untuk efisiensi aerodinamis yang lebih baik, di kedua sisi terdapat lampu LED split berpenampilan baru.

Nissan X-Trail
Generasi terbaru Nissan X-Trail Foto: Autoexpress

Sisi-sisi SUV menjadi lebih kuat, bahu lebih tajam dari pada model saat ini, sementara bentuk keseluruhan dari lampu belakang dan tutup booting memiliki tautan yang jelas ke mobil lama – detailnya hanya terlihat lebih segar dan lebih tajam dari sebelumnya.

Baca juga: Penjualan kurang moncer, Honda Jepang nyerah pertahankan mobil ini

Dengan perubahan desain yang lebih ciamik, namun jangan pernah kaget jika nantinya melihat generasi terbaru Nissan Xtrail terlihat lebih pendek dibanding generasi sebelumnya. Kabarnya Nissan memotong panjang mobil hingga 39 mm dan diperkirakan ground clearence akan lebih rendah.

Perubahan interior Xtrail

Ubahan pada sektor eksterior banyak dilakukan, namun Nissan tidak banyak melakukan ubahan pada sektor interior mobil. Informasi yang berkembang, ruang interior akan memiliki desain yang sama dengan model genersi lama.

Nemun bukan berarti tanpa ubahan tentunya, mengingat akan ada monitor layar sentuh dengan ukuran yang lebih besar untuk memudahkan dan kenyamanan penumpang mengakses sistem layanan hiburan yang sebelumnya menggunakan layar 9 inch menjadi 10,8 inch. Sedangkan layar informasi digital bagi pengemudi berukuran 12,3 inch.

Interior Nissasn Xtrail
Interior Nissan Xtrail Foto: AutoExpress

Sistem hiburan yang disiapkan pada generasi terbaru Nissan juga bukan barang jadul, karena teknologi infotainmentnya akan terintegrasi  dengan wireless Apple CarPlay.

Untuk ruang kabin, Nissan belum mengungkap apakah generasi terbaru Xtrail akan memiliki model tujuh penumpang, mengingat dimensi panjangnya yang berkurang hingga 39 mm. Namun diperkirakan model akan menggunakan kapasitas lima penumpang.

Mesin dan gearbox

Dari sektor pacunya akan menggunakan mesin berkapasitas 2.5 liter yang menghasilkan tenaga hingga 179 hp. Seluruh tenaga mesin disalurkan menggunakan transmisi manual tujuh kecepatan dengan kopling ganda yang membuat setiap perpindahan lebih halus.

Nissan X-Trail
Generasi terbaru Nissan X-Trail Foto: Autoexpress

Di Amerika Utara, setiap versi Nissan Xtrail mendapatkan teknologi Nissan Safety Shield 360 sebagai standar, yang terdiri dari paket bantuan driver dan fitur keselamatan yang komprehensif. Ini termasuk pengereman darurat otomatis dengan deteksi pejalan kaki, peringatan blind spot dan peringatan lalu lintas lintas belakang, pengenalan rambu lalu lintas, peringatan keberangkatan jalur, bantuan balok tinggi dan kontrol jelajah yang cerdas.

 Fitur terbaru Nissan ProPILOT semi-otonom mengemudi juga muncul, diperbarui untuk fitur kamera baru dan teknologi radar dan sekarang juga mampu menggunakan data sat nav untuk rem mobil untuk kurva dan persimpangan.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close