Hobi

Yamaha uji jalan R15 baru, spesifikasi sampai harga seken segini

Produsen Yamaha rupanya getol mempertahankan motos port full fairingnya di beberapa negara termasuk di Indonesia, bahkan generasi baru R15 sedang dipersiapkan dengan munculnya tangkapan kamera motor sedang uji jalan.

Meski uji jalan tidak dilakukan di Indonesia, model terbaru Yamaha R15 menjalani uji jalan di India, namun tak menutup kemungkinan model tersebut juga akan hadir di pasar otomotif nasional.

Kembali pada model Yamaha R15 yang sedang menjalankan uji jalan, sebuah video yang memperlihatkan model terbaru motor sport fairing bermesin 150 Cc tersebut viral dan diunggah melalui akun Youtube Abhinav Bhatt, dengan lokasi pengujian di New Delhi, India.

Yamaha R15 baru
Yamaha R15 baru Foto: Indianautosblog

Melihat tayangan video tersebut, tampak beberapa ubahan yang disematkan pada generasi terbaru R15 racikan Yamaha Jepang ini. Meski tak secara detil, ubahan yang dilakukan tampak pada bagian bodi dan beberapa sasisnya.

Ubahan generasi baru Yamaha R15

Dari bagian bodi, Yamaha R15 akan sedikit lebih kompak dibanding model yang ada saat ini, kesan meruncing tampang di bagian belakang dengan bodi yang tidak lagi melar seperti generasi lama.

Sedangkan bagian bodi depan, meski tertutup kamuflase, Yamaha sepertinya tidak banyak melakukan rombakan terhadap model terbarunya ini.

yamaha R15
yamaha R15 warna baru Foto: Doc Ist

Yamaha juga membenahi sektor kaki-kaki, dimana konstruksi bagian tersebut sekilas mirip dengan model R15 V3.

Desain khasnya pada sistem pencahayaan nanti akan menggunakan LED tunggal berjenis proyektor di bagian tengah, serta diapit dengan lampu DRL pada sisi kiri dan kanannya. Bagian suspensi depan juga terlihat masih menggunakan tipe upside down.

Spesifikasi Yamaha R15

Meski tidak ada informasi resmi dari Yamaha terkait sektor pacu yang akan dibenamkan pada model R15 terbaru, diperkirakan produsen berlogo garputala ini akan tetap menggunakan mesin yang sama dengan generasi ketiga R15 di pasaran.

Melihat spesifikasi mesin tersebut, Yamaha R15 generasi ketiga dibekali dengan mesin Yamaha R15 ditopang dengan dapur pacu bertipe Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC, 4 Valve, VVA dengan silinder 155cc. Dari mesin ini motor Yamaha R15 berhasil memiliki tenaga sebesar 14.2 Kw pada 10.000 rpm, sedangkan torsinya mencapai 14.7 Nm pada 8.500 rpm.

Mesin dari motor Yamaha R15 sudah menggunakan teknologi VVA atau Variable Valve Actuation. Fitur ini memberikan dua level asupan udara yang berbeda pada motor Yamaha R15. Proses kerjanya sendiri berdasarkan tingkat putaran mesin, sehingga pasokan bahan bakar motor Yamaha R15 tetap optimal pada putaran tinggi, serta tetap hemat pada putaran rendah.

Yamaha R15
Yamaha R15 Foto: Doc YIMM

Harga pasaran bekas segini

Yamaha R15 sport full fairing saat ini ditawarkan dengan harga yang cukup tinggi yakni Rp37 jutaan, sebagai alternative bagi konsumen yang ingin memiliki motor sport full fairing mesin 150 Cc, sudah banyak ditawarkan versi bekasnya.

Di pasaran motor bekas online, Yamaha R15 saat ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp29 juta-an, namun harga di pasaran tergantung dari kondisi dan kelengkapannya. Bagaimana otohopers tertarik menunggu generasi baru Yamaha R15 atau berminat pada versi sekennya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close