Fit

Mengenal gimnastik dan senam lantai, pelajari juga teknik dasarnya

Belakangan kata gimnastik dan senam lantai banyak dicari di internet. Tak heran, memang gimnastik belum lama ini kembali digandrungi terutama oleh anak-anak yang aktif.

Ya, jika ditelusuri gimnastik belakangan ini dipopulerkan oleh anak-anak selebriti. Misalnya saja Naura dan Neona, anak-anak dari Nola B3. Lalu ada Sidney Azkassyah anak dari mantan presenter Cut Tari yang kini jadi atlet gimnastik.

Baca juga: Olahraga sambil mendengarkan musik, 5 manfaat ini bisa kamu dapat

Meski ramai dibicarakan, ternyata tak banyak yang tahu bahwa gimnastik merupakan olahraga senam yang punya banyak cabang. Termasuk di antaranya adalah senam lantai yang merupakan bagian dari senam artistik.

Dilansir laman liveabout.com, senam adalah terjemahan dari kata gymnastic (Bahasa Inggris) yang berasal dari Bahasa Yunani Gymnos.

Senam lantai
Senam lantai Foto: Pixabay

Secara istilah, senam dapat diartikan sebagai latihan jasmani yang dilakukan dengan sengaja, disusun secara sistematis, dan dilakukan dengan sadar dengan tujuan tertentu.

Pertandingan senam di Indonesia sendiri pertama kali pada tahun 1963 menjelang GANEFO (Games Of The New Emerging Forces) secara Nasional olahraga senam dipertandingkan di Indonesia sejak Pekan Olahraga Nasional (PON) ke VII di Surabaya.

Dari waktu ke waktu, senam banyak mengalami perkembangan, yang membuat cabang olahraga senam semakin banyak sampai saat ini.

Beberapa cabangnya antara lain senam aerobik, senam artistik, senam irama, senam trampolin, senam akrobatik, dan senam lainnya.

Senam artistik
Senam artistik Foto: Pixabay

Senam lantai bagian dari senam artistik

Salah satu jenis senam yang bisa melatih kelentukan tubuh adalah senam lantai. Senam ini masuk dalam kategori senam artistik yang alatnya menggunakan lantai dan matras.

Senam lantai juga bisa disebut latihan bebas karena tidak mempergunakan benda-benda atau perkakas untuk latihan seperti balok, tongkat dan lain-lain.

Bila suatu ketika saat senam lantai menggunakan alat, hanya untuk menambah ketangkasan, kelemasan, kekuatan dan keseimbangan.

Dikutip dari Encyclopaedia Britannica, senam lantai (gymnastics floor exercise) memiliki teknik-teknik khusus, di antaranya berikut ini.

Sikap lilin

Sikap lilin diawali dengan posisi tidur telentang. Selanjutnya rapatkan kedua kaki lalu angkat kedua kaki lurus ke atas. Pada gerakan ini, pinggang ditopang oleh kedua tangan, lalu posisi pundak tetap menempel pada lantai.

Pada gerakan sikap lilin ini, kekuatan otot perut fungsinya sebagai pengangkat kaki. Kemudian kelentukan otot pinggang, punggung dan leher berfungsi memudahkan kedua tangan menopang pinggang.

Loncat harimau

Secara teoritis teknik senam lantai loncat harimau ini tidak terlalu jauh berbeda dengan teknik gerakan roll ke depan. Sehingga dalam teknik ini perlu adanya penguasaan gerakan roll depan supaya tidak terjadi cidera dan mempermudah dalam latihan teknik loncat harimau.

Baca juga: Gunakan masker saat olahraga picu kematian, ini penjelasan dokter

Handstand

Handstand (berdiri dengan tangan) dan dilanjutkan dengan sikap kayang. Untuk melakukan teknik ini, bisa latihan secara bertahap.

Handspring

Handspring (lenting tangan) merupakan suatu gerakan bertumpu dengan menggunakan kedua tangan di lantai disertai tolakan atau lemparan salah satu kaki dari belakang ke arah depan atas dan mendarat atas dua kaki hingga berdiri tegak.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close