Hot

Saat Glenn Fredly lantunkan salawat jelang Ramadan

Glenn Fredly dikenal sebagai musisi penuh toleransi, pernah lantunkan salawat menjelang Ramadan. Glenn juga pernah mengenakan peci yang kerap digunakan muslimin NU.

Foto hitam Nola B3 dan memori kisah cinta Glenn Fredly yang kandas

Berpulangnya Glenn Fredly meninggalkan banyak duka. Sang musisi yang juga aktif menyuarakan kepedulian terhadap isu sosial wafat pada Rabu, 8 April 2020. Dia meninggalkan istri yang baru dinikahinya serta bayi cantik berusia 40 hari. Punya toleransi bergama yang tinggi, Glenn Fredly lantunkan salawat sebelum memasuki bulan Ramadan.

Para musisi menyampaikan bela sungkawa serta mengingat sosok Glenn sebagai musisi hebat dan rendah hati. Momen Glenn Fredly lantunkan salawat diunggah oleh rekan sesama musisi, Ifan Seventeen melalui Instagram.

Glenn Fredly. Foto: @glennfredly309
Glenn Fredly. Foto: @glennfredly309

Sosok yang penuh toleransi

Dalam video singkat yang diunggah Ifan, Glenn tampil kasual mengenakan T-shirt dan topi. Meski beragama Islam, ternyata Glenn fasih menyenandungkan salawat. Dengan suara khasnya yang lembut dan syahdu, Glenn fasih melantunkan salawat. Bertambah indah ketika dia mengiringinya dengan dentingan piano. Di akhir salawat, dia memberi ucapan selamat memasukin bulan Ramadan untuk umat muslim.

Glenn Fredly meninggalkan banyak kesan mendalam untuk orang-orang di sekitarnya. Di mata Ifan, Glenn seperti kakak sekaligus idola. Darinya, Glenn mendapat banyak pelajaran, termasuk soal toleransi dan kasih sayang. “Kami akan sangat merindukan kelembutan disetiap tarikan nafasmu dalam bernyanyi,” tulis Ifan.

Baca juga: Glenn Fredly, petani Kendeng sampai buronan Indonesia hormat padamu

Pernah kenakan peci

Toleransi beragama kerap kali ditunjukkan mendiang Glenn. Dia ternyata mengagumi sosok almarhum Abburahman Wahid atau Gus Dur. Meski tidak mengenal sosok ulama dan mantan Presiden ke-4 RI itu secara langsung.

Wujud kekaguman itu disampaikan Glenn saat menghadiri Ziarah Budaya Sewindu Haul Gus Dur tahun 2018 lalu. “Bicara Gus Dur yang saya paham adalah bagaimana berbicara tentang guru bangsa. Dan, banyak angle, banyak spektrum, banyak layer yang bisa dilihat dari seorang Gus Dur,” katanya seperti dikutip dari Suara.com.

Dalam acara itu, Glenn turut memakai peci. Intelektual NU, Ulil Abshar-Abdalla, mengenang Glenn yang terlihat santri dengan peci. “Selamat jalan, Glenn Fredly. Anda akan terus diingat sebagai salah satu keajaiban musik di negeri ini. Momen yg paling saya kenang adalah ketika engkau tampil di beberapa acara Haul Gus Dur dg memakai peci. Cara kamu memakai peci sangat santri sekali. Pas. RIP,” cuit Ulil di Twitter.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close