Hobi

Gubernur Anies ringankan pajak kendaraan, jangan kaget jadi cuma segini

Kabar gembira datang dari Gubernur Anies Baswedan. Ya, dia memberi keringanan pokok pajak kendaraan bermotor. Ini merupakan kebijakan yang belaku pada Agustus sampai September 2021.

Pemprov DKI pun berharap agar warga Jakarta dapat memanfaatkan keringanan ini sesuai keputusan Gubernur DKI Jakarta melalui Pergub Nomor 60 Tahun 2021.

Muslima Fest

“5 Persen untuk yang melakukan pembayaran di bulan September 2021,” tulis akun Instagram resmi @humaspajakjakarta, seperti dikutip Hops.id, Rabu, 18 Agustus 2021.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Foto Pemprov DKI Jakarta.

Adapun, diberikan penghapusan sanksi dan keringanan pokok pajak kendaraan bermotor berupa penghapusan sanksi administrasi. Selain itu pemberian keringanan pokok piutang pajak kendaraan bermotor sebelum tahun 2021 untuk wajib pajak yang melakukan pembayaran pada Agustus hingga September 2021.

Namun, penghapusan sanksi administrasi dan pemberian keringanan pokok kendaraan bermotor tahun 2021, akan diberikan sebesar 10 persen untuk yang melakukan pembayaran pada Agustus 2021.

Pertimbangan Anies ringankan pajak kendaraan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sendiri memiliki sejumlah pertimbangan menghapus denda pembayaran pajak selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat.

Menurut dia, denda yang didapat karena telat membayar pajak akan dibebaskan untuk sementara.

Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan atau SK Kepala Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta Nomor 1012 Tahun 2021 tentang penghapusan sanksi administrasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor/BBN-KB selama masa PPKM Darurat.

ojek online
Rambu ganjil genap di ruas jalan Ibukota. Foto: Suara

Pelaksana tugas (Plt) Bapenda DKI Lusiana Herawati yang meneken SK tersebut pada 14 Juli lalu mengatakan penghapusan sanksi administrasi ini diberikan atas dasar kepentingan sosial kemanusiaan.

Lalu kebijakan ini menjadi bukti pemerintah berupaya memberikan stimulus kepada wajib pajak untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan dalam hal tertib administrasi.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close