Trending

Masuk masjid gunakan sepatu, ini jawaban cerdas Gubernur Kalbar

Menjawab postingan di media sosial yang ramai menyebutkan Gubernur Kalimantan Barat menggunakan sepatu saat masuk masjid Mujahidin. Membuat akun penyebar foto yang kuat diperkirakan hoax tersebut terdiam setelah mendapat jawaban cerdas Gubernur Kalbar melalui akun pribadinya Bang midji.

Dalam jawaban cerdas tersebut, akun facebook pribadi Gubernur Kaltim membalas postingan “saya masih waras, jika masuk masjid menggunakan sepatu,” ungkap balasan akun facebook Bang Midji sebagai balasan jawaban akun Hasan Basri yang menyebar foto Gubernur Kalbar menggunakan sepatu.

“Saya masih waras, jika masuk masjid pakai sepatu. Saya pakai kaos kaki, makanya lain kali perhatikan betul,” ungkap Sutarmidji, Jumat 5 Juni 2020.

Gubernur Kalbar saat tinjau masjid Foto: Haluan kalbar

Uniknya Gubernur Kalimatan Barat tersebut telah melakukan pengecekan terkait ramainya tersebar foto dirinya yang masuk masjid menggunakan sepatu. Bahkan ia mengaku mengenal beberapa akun yang menyebarkan foto hoax dirinya tersebut.

“Tak tahulah kalau yang punya akun fitnah itu, saya lihat semua, ada beberapa akun yang orangnya saya kenal, melakukan fitnah dengan mengatakan saya masuk masjid pakai sepatu,” katanya.

Klarifikasi terkait postingan beberapa masyarakat terkait pemberitaan Gubernur Kalbar meninjau Masjid Mujahidin menggunakan sepatu juga disampaikan oleh Wakil Gubernur Kalbar sekaligus Ketua Dewan Masjid Indonesia Provinsi Kalbar, Ria Norsan.

Gubernur Kalbar tinjau masjid Foto: Tribun Pontianak

Ia menangkis tudingan bahwa Gubernur Kalbar Sutarmidji masuk Mujahidin dengan menggunakan sepatu dan diakuinya hal itu sangat tidak benar.

“Pak Gubernur kemarin (Kamis,red) melakukan kunjungan ke Mujahidin terkait persiapan new normal dan masuk masjid menggunakan kaos kaki bukan sepatu. Jadi informasi di Facebook yang mengatakan Pak Gubernur masuk masjid menggunakan sepatu sama sekali tidak benar,” ungkap Norsan di Pontianak, Jumat (5/6/2020).

Baca juga: Rahasia kesaktian Mpok Ris, pendekar jelita dari tanah Betawi

Ria Norsan menyesalkan pemberitaan yang menyatakan Gubernur masukke masjid dengan menggunakan sepatu tersebut.

“Saya dihubungi beberapa orang belum saya balas, tadi usai pelantikan dipendopo saya tanya langsung Pak Gubernur. Ndak Mungkinlah pakai sepatu ke Masjid. Kemarin yang mendampingi Sekretaris dan Bendahara Mujahidin Pak Tolove dan Pak Hamid juga sudah saya hubungi. Alhamdulillah pemberitaan tersebut tidak benar,” paparnya.

Gubernur Kalbar tinjau masjid Foto: Instagram Sutarmidji

Orang nomor dua di Kalbar inipun mengimbau kepada seluruh masyarakat Kalbar untuk tetap menjaga situasi tetap kondusif terutama dimas pandemi Covid-19 yang semakin menurun tingkat penyebarannya.

“Terutama saat pandemi covid seperti ini masyarakat hendaknya bersatu untuk menjaga rasa aman dan nyaman. Hindarilah menyebar informasi yang tidak benar, jangan saling menjatuhkan apalagi sesama Muslim. Pak Gubernur masuk masjid karena meninjau kesiapan akan dibukanya masjid. Jangan menyebar hoaks,” tegasnya.

Dengan adanya pemberitaan ini, Wagub Kalbar berharap menjadi pembelajaran masyarakat untuk tetap berhati-hati dalam bermedsos terutama dalam hal menyebarkan hal yang tidak benar.

“Jangan kita berprasangka buruk kepada orang, mari tetap menjaga kerukunan,” pungkasnya.

Kesimpulannya, narasi yang dituliskan oleh akun Facebook Hasan Basri merupakan sebuah opini yang tidak benar. Pantulan cahaya dari lantai masjid dan kaos kaki yang dikenakan Gubernur Kalbar sekilas tampak seperti sepatu kets. Setelah dilakukan zoom gambar itu baru terlihat jelas.

Bahkan di hari yang sama Gubernur Kalbar Sutarmidji menghadiri pelepasan 24 pasien konfirmasi Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh dengan mengenakan baju yang sama dan namun menggunakan sepatu pantofel berbahan kulit. (Reinardo Sinaga)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close