Otomotif

Sejarah Mitsubishi Pajero ternyata lahir dari gurun pasir

Generasi ketiga Mitsubishi Pajero saat ini memang jauh berbeda dibanding generasi sebelumnya, desain modern dan teknologi canggih telah disematkan untuk generasi ketiga saat ini. Namun jauh sebelum itu, siapa sangka sejarah Mitsubishi Pajero lahir dari gurun pasir yang dikenal sebagai lintasan terganas.

Gurun pasir yang menjadi tempat sejarah kelahiran Pajero, tak lepas dari keberhasilan mobil ini merajai gelaran reli Dakar sejak 1985. Lintasan gurun pasir, bukit terjal dengan bebatuan menjadi saksi lahirnya generasi Pajero yang kini dikenal banyak konsumen di dunia.

Ketangguhannya sebagai kendaraan reli itulah yang membuat Mitsubishi terus mempertahankan pengembangan Pajero sebagai salah satu mobil yang tangguh dan terbukti handal di berbagai medan. Meski saat ini, model produksi massalnya diklaim Mitsubishi masih tetap memiliki aliran darah dari model Pajero yang digunakan untuk reli.

generasi pertama Mitsubishi Pajero
generasi pertama Mitsubishi Pajero Foto: Mitsubishi

Kekuatan Pajero saat ini menurut Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), ketika berbicara tentang Mitsubishi Pajero Sport, kesan Dakar sangat kuat. Karena Mitsubishi Pajero Sport lahir dari DNA Mitsubishi Pajero yang sukses meraih kemenangan terbanyak di ajang reli Dakar dengan 12 gelar.

Baca juga: Diam-diam Suzuki bikin kembaran Toyota Raize & Daihatsu Rocky

“Kesuksesan itu yang menjadi cikal bakal pengembangan model Mitsubishi Pajero Sport. Meski merupakan jenis yang berbeda, Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport memiliki kemiripan dari sisi ketangguhan serta daya tahan yang teruji di ajang balap reli internasional,” ungkap Nakamura.

Generasi Pertama

Generasi pertama dikenal dengan nama Mitsubishi Challenger yang diluncurkan pada 1996. Pada generasi ini, Pajero dikenal sebagai mobil dengan desain kotak. Sayangnya generasi ini tidak masuk Indonesia, meski awalnya Mitsubishi hanya menjualnya untuk pasar Jepang saja.

Namun kesuksesannya membuat prinsipilnya melakukan pemasaran ke banyak negara, dengan nama dagang yang berbeda. Mitsubishi Pajero Sport (Eropa), Montero Sport (Amerika dan sekitarnya), Shogun Sport (Inggris) dan Strada G-Wagon (Thailand). Seiring dengan perkembangannya, mobil ini tidak hanya dirakit di Jepang tapi juga di Tiongkok pada tahun 2003 dan Brazil tahun 2006.

Generasi kedua Mitsubishi Pajero
Generasi kedua Mitsubishi Pajero Foto: Mitsubishi

Generasi Kedua

Generasi kedua merupakan model yang mulai dipasarkan di tanahh air pada 2009 lalu. Hadirnya SUV medium ini menjadi momentum mulai populernya mobil Mitsubishi oleh konsumen di Indonesia selain mobil legendarisnya yang terkenal yakni Lancer Evolution.

Dari sektor pacu dilengkapi dengan mesin 2.5L DOHC Commonrail Turbocharged and Intercooled, 4 Cylinder In-line (4D56) bertenaga 136 ps dan torsi maksimum 324 Nm. Dua tahun kemudian versi turbo VGT 2.5-liter DI-D Commonrail turut ditawarkan.

Pada tahun 2013, mendapat penyegaran baik eksterior dan interior. Penyegaran ini membuat Mitsubishi Pajero Sport semakin sporty, dinamis, dan agresif. Memasuki tahun 2014, Mitsubishi Motors kembali menambah varian Sport V6 dengan mesin bensin V6 MIVEC 3.0L bertenaga 220 PS yang memberikan tenaga yang besar, suara yang halus serta emisi gas buang yang rendah.

Generasi ketiga Mitsubishi Pajero
Generasi ketiga Mitsubishi Pajero Foto: Mitsubishi

Generasi Ketiga

Generasi ketiga saat ini makin memperlihatkan taringnya sebagai SUV kalangan menengah atas karena dinilai memiliki postur bongsor namun sporti dan mewah. Tak heran jika mobil ini dipilih guna mendukung penampilan pemiliknya.

Tak sekedar ubah tampilan, generasi ini menggendong dapur pacu juga dilengkapi dengan mesin baru 4N15 2,4L MIVEC dengan tenaga maksimal 181 PS dan torsi maksimal 430 Nm, seluruh tenaga disalurkan menggunakan transmisi matik 8 percepatan.

Popularitas Pajero yang hingga kini mendapat kepercayaan konsumen, mampu mencatatkan penjualan di Indonesia sebanyak 160 ribu unit.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close