Trending

Habib Rizieq diduga cuma boneka, inikah sosok pemimpin FPI sebenarnya?

Jika bicara mengenai Front Pembela Islam atau FPI, agaknya sulit mengesampingkan nama Habib Rizieq Shihab alias HRS. Sebab, dia merupakan sosok yang diyakini menjadi tokoh sentral atau pemimpin di kelompok tersebut.

Namun, belakangan berhembus kabar, Habib Rizieq sejatinya tak sepenuhnya berkuasa di FPI. Bahkan, ada yang beranggapan, dia hanya sekadar boneka atau subyek yang dikendalikan sosok besar lainnya. Lantas, benarkah demikian?

Disitat dari video berjudul ‘FPI dan Rencana Aksi Mereka’ di saluran Youtube 2045 TV, pegiat media sosial yang belakangan dituding sebagai buzzer presiden, Denny Siregar mengatakan, FPI dan Habib Rizieq merupakan dua hal yang sulit dipisahkan. Namun demikian, menurutnya, bukan berarti dia yang memegang kekuasaan tertinggi.

“Kita harus melihat posisi (Habib) Rizieq Shihab di FPI. Rizieq Shihab itu hanya boneka. Dia hanya diciptakan sebagai simbol untuk menyatukan kelompok-kelompok ini,” ujar Denny Siregar, dikutip Selasa 6 April 2021.

“Sebab, pertama dia adalah ulama. Kedua, dia punya pertalian darah dengan nabi. Kelebihan ini dipakai untuk menaikkan Rizieq Shihab sebagai simbol. Bahkan, dilakukan marketing besar-besaran dengan menunjukkan baliho-baliho berisikan wajahnya,” lanjutnya.

Habib Rizieq Shihab. Foto: YouTube
Habib Rizieq Shihab. Foto: YouTube

Bahkan, menurut Denny Siregar, sosok yang kerap mengenakan sorban putih tersebut tak punya kuasa dalam menggerakkan FPI. Sebab, sekali lagi, Habib Rizieq hanya sebatas boneka.

“Rizieq Shihab tak punya kuasa untuk menggerakkan orang-orang di dalam FPI,” tegasnya.

Jika bukan Habib Rizieq, siapa pemimpin FPI sebenarnya?

FPI gelar aksi demo. Foto: Tagar
FPI. Foto: Tagar

Denny Siregar seakan memberi isyarat, bahwa dirinya tahu siapa pemimpin atau penguasa FPI sebenarnya. Namun, dia enggan mengatakannya secara pasti. Meski begitu, dia memastikan, sosok tersebut merupakan tokoh partai yang merasa diuntungkan dengan kehadiran FPI.

“Saya tak mau menunjuk orang, tapi ada lah. Ini bukan hanya satu orang saja.”

“Siapa mereka? Ya tentu oknum-oknum politik yang selalu memanfaatkan FPI sebagai senjata mereka untuk menekan pemerintah,” kata Denny Siregar.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close