Trending

Tolak putusan hakim, Habib Rizieq ke tim pengacara: Lawan terus, takbir!

Sidang lanjutan perkara pidana Habib Rizieq Shihab terkait kasus swab RS UMMI dilaksanakan hari ini, Kamis 24 Juni 2021 di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Agenda sidang pada hari ini adalah pembacaan putusan oleh majelis hakim. Untuk Habib Rizieq, hakim telah menjatuhkan vonis 4 tahun penjara kepada eks imam besar FPI itu dalam kasus swab RS UMMI.

“Menyatakan terdakwa Habib Rizieq Shihab telah terbukti secara sah dan meyakinkan turut serta dalam tindak tindak pidana menyiarkan pemberitahuan bohong dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat. Dengan ini majelis menjatuhkan pidana penjara selama 4 tahun,” ujar majelis hakim dikutip dari siaran live streaming Youtube Refly Harun, Kamis 24 Juni 2021.

Live streaming sidang pembacaan putusan HRS dkk di PN Jaktim. Foto: YouTube PN Jakarta Timur
Live streaming sidang pembacaan putusan HRS dkk di PN Jaktim. Foto: YouTube PN Jakarta Timur

Namun demikian, putusan hakim itu dengan tegas ditolak oleh Habib Rizieq. Dia menyebutkan setidaknya ada beberapa alasan mengapa ia menolak putusan majelis hakim dalam perkara ini.

Di antaranya Habib Rizieq menyinggung soal tuntutan jaksa penuntut umum dan adanya saksi ahli forensik, yang menurutnya tak pernah dihadirkan dalam persidangan di PN Jaktim. Habib Rizieq pun mengajukan banding.

“Setelah saya mendengar keputusan tersebut, ada beberapa hal yang saya enggak terima. Jadi dengan alasan tadi dengan ini saya menolak putusan majelis hakim dan saya nyatakan banding,” kata Habib Rizieq.

Setelah tokoh FPI itu menyatakan langsung banding, Majelis Hakim PN Jakarta Timur langsung menutup sidang. Usai persidangan ditutup, Habib Rizieq kemudian tampak mendatangi tim kuasa hukumnya di ruang sidang.

Sidang HRS. Foto: Ist.
Sidang HRS. Foto: Ist.

Habib Rizieq nampak bersalaman dengan tim penasihat hukumnya. Ia juga menyemangati tim kuasa hukum untuk terus melawan vonis tersebut. HRS juga sempat meneriakkan kalimat takbir.

“Lawan terus! Lawan terus! Takbir!,” kata Habib Rizieq di depan tim kuasa hukumnya dikutip YouTube PN Jakarta Timur.

“Allahu Akbar,” jawab tim kuasa hukum dan sejumlah orang yang lain.

Setelah itu, ia nampak sempat berbincang sebentar sebelum akhirnya dibawa keluar ruangan sidang oleh petugas berbaju merah.

Persidangan kali ini dihadiri ratusan massa simpatisan Habib Rizieq di depan PN Jaktim. Massa sempat ricuh dengan polisi. Sebagian massa ada yang diamankan dan kedapatan membawa senjata tajam.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close