Trending

Hal yang meringankan Habib Rizieq, Hakim: Dia masih dibutuhkan umat

Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur menjatuhkan vonis 4 tahun penjara kepada terdakwa Habib Rizieq dalam perkara penyebaran kabar bohong hasil tes swab di RS UMMI Bogor, Jawa Barat. Nah majelis hakim menimbang juga lho hal yang memberatkan dan meringankan dari terdakwa Habib Rizieq.

Majelis hakim PN Jakarta Timur menilai peran keumatan Habib Rizieq dipertimbangan sebelum menjatuhkan vonis pada kasus tersebut. Majelis juga menyebutkan hal yang memberatkan Habib Rizieq. Apa saja itu ya?

Hal meringankan dan memberatkan Habib Rizieq

Sidang HRS. Foto: Ist.
Sidang HRS. Foto: Ist.

Dalam sidang pemcabaan vonis kasus RS UMMI Bogor dengan terdakwa Habib Rizieq, majelis hakim menyebutkana hal memberatkan dan meringankan dari tokoh FPI tersebut.

“Menimbang bahwa sebelum majelis menjatuhkan pidana terhadap terdakwa, dipertimbangkan terlebih dahulu keadan yang memberatkan dan meringankan,” kata majelis hakim PN Jakarta Timur dikutip dari Youtube Hersubeno Arief, Kamis 24 Juni 2021.

Apa ya hal yang meringankan dari Habib Rizieq dalam kasus ini. Majelis menyebutkan dua hal yang peringankan tokoh FPI ini.

“Keadaan yang memberatkan, terdakwa meresahkan masyarakat. Untuk keadaan yang meringankan, terdakwa punya tangungan keluarga dan pengetahuan terdakwa adalah guru agama masih dibutuhkan umat,” kata majelis hakim membacakan pertimbangannya.

Tolak putusan hakim

Sidang lanjutan Habib Rizieq di PN Jakarta Timur
Sidang lanjutan Habib Rizieq di PN Jakarta Timur. Foto Antara/Yogi Rachman

 putusan hakim itu dengan tegas ditolak oleh Habib Rizieq. Dia menyebutkan setidaknya ada beberapa alasan mengapa ia menolak putusan majelis hakim dalam perkara ini.

Di antaranya Habib Rizieq menyinggung soal tuntutan jaksa penuntut umum dan adanya saksi ahli forensik, yang menurutnya tak pernah dihadirkan dalam persidangan di PN Jaktim. Habib Rizieq pun mengajukan banding.

“Setelah saya mendengar keputusan tersebut, ada beberapa hal yang saya enggak terima. Jadi dengan alasan tadi dengan ini saya menolak putusan majelis hakim dan saya nyatakan banding,” kata Habib Rizieq.

Setelah tokoh FPI itu menyatakan langsung banding, Majelis Hakim PN Jakarta Timur langsung menutup sidang. Usai persidangan ditutup, Habib Rizieq kemudian tampak mendatangi tim kuasa hukumnya di ruang sidang.

Habib Rizieq nampak bersalaman dengan tim penasihat hukumnya. Ia juga menyemangati tim kuasa hukum untuk terus melawan vonis tersebut. HRS juga sempat meneriakkan kalimat takbir.

“Lawan terus! Lawan terus! Takbir!,” kata Habib Rizieq di depan tim kuasa hukumnya dikutip YouTube PN Jakarta Timur.

“Allahu Akbar,” jawab tim kuasa hukum dan sejumlah orang yang lain.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close