Lifestyle

Hantu tak nyata, ilmuwan ungkap teori penampakan makhluk halus dan suara misterius

Sensasi menyeramkan muncul ketika kita mengunjungi bangunan tua, atau lokasi angker. Sensasi menyeramkan itu muncul bercampur dengan perasaan tidak aman, mencekam dan perasaan terancam. Banyak yang mengira kondisi tersebut dikaitkan dengan kemunculan makhluk tak kasat mata atau yang diyakini sebagai arwah dan hantu. Namun seorang ilmuwan ternama asal Inggris mengatakan bahwa hantu tidaklah nyata dan hanya bualan semata.

Lewat laman Daily Star ia mengatakan bahwa penyebab seseorang merasakan ‘merinding’ dan was-was karena disebabkan oleh gelombang ultrasonik, dan bukan karena hantu yang gentayangan.

Baca juga: Video hantu bocah tembus tembok, netizen gagal fokus: pocong di CCTV!

Profesor ternama asal Inggris Richard Wiseman selama bertahun-tahun telah melakukan penelitian untuk membuktikan hal-hal seputar hantu dan objek asing yang dikenal dengan Unidentified Flying Object (UFO).

Richard telah menjelajahi berbagai bangunan tua yang dikenal berhantu dan monumen yang terkenal dihuni makhluk gaib. Ia menyimpulkan ada energi tak biasa di setiap bangun yang diyakini berhantu membuat bulu kuduknya merinding.

Richard adalah seorang ahli dalam menyanggah kisah paranormal dan telah menghabiskan bertahun-tahun melakukan eksperimen di beberapa lokasi paling menakutkan di Inggris.

Ilustrasi rumah berhantu
Ilustrasi rumah berhantu. Photo: Pixabay

Dia direkrut ke dalam istana lama Henry VIII di Hampton Court untuk mencoba dan menemukan kebenaran di balik kisah legendaris bahwa dua dari delapan istri raja, Jane Seymour dan Catherine Howard, bergentayangan di koridor rumah besar Tudor.

“Saya pernah sengaja bekerja di Istana Hampton Court, dan jadi ghostbusters pertama yang dipanggil ke istana kerajaan untuk tinggal di sana selama 10 hari.”

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa mereka memiliki bagian dari istana yang disebut galeri berhantu. “Orang-orang mengaku punya banyak pengalaman aneh di sana sehingga kami melakukan beberapa percobaan seperti yang kami lakukan di brankas bawah tanah di Edinburgh, yang diduga juga berhantu.”

Ia menyimpulkan bahwa penampakan yang diceritakan selama ini merupakan bagian dari delusi akan suara-suara ultrasonik yang terdengar di alam bawah sadar.

Suara-suara hantu yang muncul karena gelombang ultrasonik

Richard sepakat dengan pernyataan profesor akustik University of Southampton di Inggris, Timothy Leighton, ia meneliti bahwa suara-suara mengerikan yang tanpa sengaja terdengar oleh sesoerang yang disbut suara hantu hanyalah merupakan suara dari gelombang ultrasonik.

“Sebagai manusia yang jangkauan pendengarannya terbatas, kamu tentu tahu kalau ada suara-suara yang gak bisa didengar. Biasanya, suara-suara itu cuma bisa didengar sama hewan. Secara teori, suara itu merupakan gelombang ultrasonik yang terlalu tinggi untuk didengar manusia. Namun kenyataannya, suara tersebut kadang bisa terdengar oleh bayi, anak muda, dan beberapa wanita dewasa,” teorinya kala itu.

Dari semua pengalaman dan riset yang dipelajari, ia mengambil kesimpulan bahwa setiap orang akan mengalami ‘kejadian aneh’ dan sensasi merinding jika datang ke bangunan tua yang angker. bahkan jika mereka tidak tahu reputasi bangun itu, sensasi merinding akan tetap terjadi secara alami.

Orang-orang yang mendengar gelombang ultrasonik biasanya mengeluh sakit karena mendengar suara itu di gedung-gedung tertentu. Sekalipun mereka periksa ke dokter dan bercerita tentang suara aneh yang didengar, mereka malah mendapat jawaban kalau dirinya hanya mengada-ada saja.

Seseorang dengan pendengaran sensitif ketika tepat berada di zona gelombang ultrasonik akan sering mengalami gejala berupa sakit kepala, mual, hingga telinga berdengung. Hmm, persis yang dialami orang-orang indigo dan paranormal ya?

Di sisi lain, Richard mengatakan hipotesisnya soal penelitian yang dia jalani.

“Gelombang suara frekuensi sangat rendah yang dapat diproduksi oleh mobil dan unit pendingin udara dan itu membuat Anda merasa sangat tidak nyaman. Tetapi Anda tidak dapat mendengarnya dan mungkin lokasi berhantu memiliki besar jumlah itu,” tutupnya.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
X
Close