Hobi

Harga planet Bumi kalau dijual ternyata segini, bikin auto tajir!

Seorang ilmuwan, Greg Laughlin baru-baru ini menemukan formula untuk menentukan berapa harga benda langit, seperti planet, termasuk Bumi.

Planet Bumi, yang sejauh ini diketahui satu-satunya planet yang dihuni manusia adalah tempat paling berharga bagi manusia. Hal ini lantaran manusia hidup di dalamnya dan bergantung pada apa yang terkandung di dalamnya perutnya.

Tentu Bumi menjadi sangat berharga bagi kehidupan manusia saat ini. Meskipun Bumi sendiri sudah tua dan memilki banyak kekacauan di dalamnya–yang juga dibuat oleh manusia–, namun tetap saja Bumi menjadi rumah paling nyaman bagi manusia sejauh ini.

Bentuk bumi. Foto: Pexels
Bentuk bumi. Foto: Pexels

Tapi pernahkah terlintas di pikiran kamu berapa sih harga Bumi jika dijual? Mungkin ini akan terdengar aneh, tapi memang benda-benda langit diketahui memiliki harga yang sama seperti namanya, selangit alias mahal.

Beberapa waktu lalu saja publik dibuat heboh dengan sebuah benda langit yang jatuh di Sumatra Utara dan diklaim dijual dengan harga miliaran rupiah. Hal ini tentu membuat si penjual disebut auto kaya.

Lantas pernahkah terpikir berapa harga benda langit lainnya jika dijual. Seperti asteroid, bintang atau planet Bumi misalnya?

Pertanyaan tersebut akhirnya dijawab oleh seorang ilmuwan di Amerika Serikat.

Seorang peneliti baru-baru ini menemukan formula untuk menghitung berapa harga planet yang manusia huni, Bumi. Ia adalah seorang profesor dari University of California Santa Cruz, Greg Laughlin.

Menurut laporan Treehugger, Laughlin mengatakan nilai bumi jika dijual adalah $5 kuadriliun ($5.000.000.000.000.000). Angka ini jika dirupiahkan tentu akan menghasilkan bilangan yang sangat banyak, yaitu Rp70 kuadriliun 686 triliun 281 miliar! Banyak banget kan.

Greg Laughlin mendapatkan harga itu setelah mengukur massa planet, suhu, usia, dan faktor lain yang berkorelasi langsung dengan kemampuan Bumi untuk mempertahankan kehidupan.

Penampakan Bumi. Foto Twitter Astro_Doug

Untuk menekankan betapa berharganya Bumi, Laughlin juga memperkirakan nilai planet lain di tata surya kita. Planet tetangga terdekat kita, Mars, harganya hampir sama dengan mobil bekas seharga $16.000 atau sekitar Rp226 juta.

Nilai itu lebih besar jika dibandingkan dengan Venus, yang dia nilai hanya dengan satu sen, dilansir dari Mentalfloss pada Kamis 10 Desember 2020.

Dengan formula yang ia buat ini, Lauglin tidak berharap nantinya terjadi perebutan planet di antara sejumlah pihak. Sebaliknya, ia justru berharap agar formulasi ini bisa menjadi inspirasi bagi manusia untuk menjaga dan lebih menghargai satu-satunya rumah bagi manusia di dunia ini.

“Formula ini membuat Anda menyadari betapa berharganya Bumi dan saya berharap ini akan membantu kita sebagai masyarakat untuk menjaga apa yang kita miliki,” kata dia kepada Daily Mail.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close