Hobi

Terkuak, lantaran ini harga Toyota Fortuner di Thailand lebih murah

PT Toyota Astra Motor baru saja meluncurkan produk SUV terbarunya yakni Toyota Fortuner untuk konsumen di tanah air. Hadirnya SUV kelas premium tersebut, diketahui setelah peluncuran model facelift di Thailand harga ditawarkan lebih murah dari Indonesia.

Toyota Thailand sendiri mendapat posisi lebih dulu memperkenalkan Fortuner facelift dibanding Indonesia, menariknya pasar tersebut mendapatkan varian tertinggi yakni Fortuner Legender dengan ubahan yang lebih ciamik.

Baca juga: Daftar harga Toyota Fortuner baru, banderol naik mulai Rp10 juta-an

Di Thailand harga Toyota Fortuner sendiri jauh lebih murah dari Fortuner yang dipasarkan di tanah air. Hal tersebut tentunya diketaui pula oleh prinsipil Toyota di Indonesia. Bahkan Toyota Indonesia sendiri tak heran jika harga Fortuner di negara gajah putih tersebut jauh lebih murah dibanding Fortuner yang dipasarkan untuk konsumen tanah air.

Toyota Fortuner 2020 resmi meluncur. Foto: TAM.
Toyota Fortuner 2020 resmi meluncur. Foto: TAM.

Menurut Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy murahnya harga Toyota Fortuner di Thailand, ada beberapa factor yang memengaruhinya. Tentu perbedaan pajak yang berlaku di Thailand dan Indonesia berbeda.

“Hal yang utama, harga Fortuner di Thailand lebih murah karena pajak di negara tersebut berbeda dengan Indonesia, pajak sendiri memengaruhi harga jual kendaraan ke konsumen,” ungkap Anton saat peluncuran Toyota Fortuner secara virtual.

Lebih lanjut ia menjelaskan, perbedaan harga tersebut tak hanya soal pajak saja. Pengembangan Fortuner di negara tersebut menggunakan basis kendaraan pikap. “Fortuner di Thailand pengembangannya menggunakan basis kendaraan pikap,” katanya.

Pengiriman Toyota Fortuner terbaru
Pengiriman Toyota Fortuner terbaru Foto: Instagram

Kedua factor itulah yang membuat harga Toyota Fortuner sendiri dibanderol lebih murah dibanding pasar di tanah air. Karenanya antar negara memang tidak bisa disamakan harga jual kendaraannya meskipun bisa dibuat sebagai perbandingan.

Toyota enggan masukkan Fortuner Legender

Terkait varian tertinggi Legender yang terlanjur bocor dan ramai diberitakan, Toyota sendiri mengungkap belum memiliki rencana terkait memboyong model tersebut ke tanah air.  Tentu hal terseut tidak akan dilakukan mengingat Toyota masih mengandalkan varian TRD sebagai kasta tertinggi di jajaran produknya.           

Meskipun ditawarkan masuk ke Indonesia, Fortuner Legender akan berada di posisi paling atas dari varian Fortuner TRD yang ada dipasaran saat ini. Harganya pun akan lebih mahal dari harga yang dimiliki varian TRD.

Toyota Legender
Toyota Fortuner Legender Foto: Toyota

“Kalaupun Fortuner Legender masuk ke tanah air, tentu posisinya akan berada di atas TRD, harganya pun demikian akan jauh lebih mahal tentunya,” ujar tutup Anton.

Sebagai catatan, Toyota Fortuner saat ini dipasarkan dengan harga terendah mencapai Rp504,9 juta sedangkan tipe tertingginya yakni SRZ transmisi matic dibanderol mencapai Rp704 juta-an.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close