Hobi

Harga Yamaha RX-King kian tak waras, mengapa masih banyak diburu?

Harga Yamaha RX-King makin tak waras. Meski sudah berhenti produksi, namun kuda besi garpu tala ini masih banyak diburu pembeli.

Selain tampangnya yang maskulin, motor bermesin dua tak itu diminati karena nilai historinya yang tinggi.

Baca juga: MINI GT Edition racikan tuner JCW, hanya dijual 30 unit di Indonesia

Belum lama ini, kita sempat dikejutkan dengan kabar terjualnya RX-King senilai Rp150 juta. Kuda besi lansiran 2003 yang berstatus sebagai new old stock atau NOS itu merupakan fenomena lanjutan dari kian tingginya harga motor ikonik tersebut di Indonesia.

Saat HOPS menelusuri laman jual-beli online, terpantau banyak akun yang menjual RX-King dengan harga tinggi, yakni berkisar puluhan juta rupiah. Padahal secara tampilan, tidak ada yang terlalu istimewa. Bahkan, sebagian tak dilengkapi surat-surat.

Harga Yamaha RX-King kian tak waras. Tapi tetap saja masih diburu. Foto: Suara

Kenyataan tersebut menimbulkan pertanyaan baru: mengapa orang rela menghabiskan puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah untuk menebus tunggangan berjuluk ‘motor maling’ tersebut? Mungkinkah RX-King layak dihargai mahal, atau itu hanya akal-akalan pedagang?

Pemilik diler khusus yang menjual RX-series di bilangan Sukosari, Serang Baru, Sugandi mengatakan, motor bersuara nyaring itu bisa dihargai tinggi lantaran berbagai hal. Salah satunya, karena motor tersebut punya identitas kuat dan jumlah unitnya juga tak sebanyak awal kemunculannya.

“Tapi enggak jarang juga yang rela membelinya mahal untuk (mencapai) rasa bangga,” ujar Gandi saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Harga Yamaha RX-King kian tak waras. Tapi tetap saja masih diburu. Foto: VIVA

Selain itu, kata dia, ada satu penyebab utama mengapa konsumen rela merogoh kocek dalam-dalam untuk menebus unit RX-King. Yakni, seperti yang telah disinggung di awal, statusnya merupakan NOS.

“Iya (bisa jadi lebih mahal), karena unitnya itu stok baru yang disimpan lama. Masih dibungkus plastik dan tidak pernah dipakai. Tapi biasanya motor lawas juga bisa mahal karena modelnya yang legendaris dan peminatnya masih banyak sampai sekarang,” katanya.

Harga Yamaha RX-King tak waras

Bagi pedagang seperti Gandi, menentukan harga jual RX-King terbilang sulit. Ia pun memiliki satu ketatapan, bahwa banderol idealnya tak mencapai puluhan, apalagi ratusan juta rupiah. Namun beda soal jika transaksinya melibatkan komunitas atau kalangan pehobi.

“Sulit menentukan harga pasti untuk Yamaha RX-King. Tetapi, kalau gambaran umum dari pedagang, masih ada, sekitar Rp7,5 juta sampa Rp10 juta. Tergantung kondisi mesin dan kelengkapan surat kendaraan,” kata dia.

“Tapi kalau ketemu buyer dengan pertimbangan ‘suka sama suka’, kita bisa jual di angka Rp70 juta. Bahkan pernah tembus sampai Rp100 juta. Sebenarnya komponen di motor sama saja, tidak ada penambahan. Ini kan soal siapa pembelinya.” (hsp)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close